Ingin Lolos IISMA 2023? Ini Strategi Penting Saat Wawancara

Senin, 14 November 2022 - 16:28 WIB
loading...
Ingin Lolos IISMA 2023? Ini Strategi Penting Saat Wawancara
Sesi wawancara menjadi salah satu tahap tersulit IISMA. Mahasiswa pun perlu mengetahui strategi menghadapinya. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) menjadi salah satu beasiswa paling diburu mahasiswa Indonesia. Sebab jika lolos seleksi IISMA maka mahasiswa bisa belajar di kampus-kampus terbaik dunia.

Salah satu tahap yang dianggap susah adalah sesi wawancara. Hal itu disampaikan Ketua International Office Universitas Islam Indonesia (UII) Dr rer nat Dian Sari Utami saat menjelaskan strategi sukses interview beasiswa dalam IISMA Bootcamp yang diselenggarakan Airlangga Global Engagement (AGE) dan perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Airlangga Mobility Representative (ARMI).

Baca juga: 10 Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded Terbaik, Kuliah Gratis hingga Lulus
Dian menjelaskan, tantangan saat wawancara adalah mengetahui diri sendiri memiliki banyak keterampilan. Tetapi, itu tidak bermaksud show off yang berlebihan.

“Kami ketika mewawancarai peserta pendaftar IISMA tahun lalu, mereka itu ada banyak keterampilan dan pengalaman. Tapi, yang kami maksud adalah etika ketika menjelaskan agar tidak berlebihan. Semuanya disebutkan, tapi tidak ada korelasinya,” katanya, dikutip dari laman Unair, Senin (14/11/2022).

Mengenali diri sendiri juga menjadi poin penting saat wawancara berlangsung. Karena, jika ditanya tentang diri sendiri dan sulit menjawab, maka siap-siap tidak akan diterima.

Baca juga: 2 Mahasiswa Vokasi UGM Sukses Magang di Inggris Melalui IISMAVO

Selain itu, buatlah rancangan atau konsep gagasan yang akan memberikan manfaat. Serta timeline yang jelas dan keseriusan peserta juga menambah nilai atau peluang diterima beasiswa IISMA 2023.

Sebagai informasi, IISMA merupakan salah satu beasiswa yang banyak diminati. Program beasiswa yang berasal dari Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek itu serius untuk mendanai mahasiswa melalui program mobilitas di universitas terkemuka luar negeri.

Karena itu, Airlangga Global Engagement (AGE) menginisiasi serangkaian kegiatan IISMA Bootcamp untuk mempersiapkan calon pendaftar IISMA 2023. Kegiatan itu dilakukan selama dua hari berturut-turut dan ada delapan kegiatan dimulai Onboarding session hingga Bootcamp Evaluation.

Untuk itu, AGE secara aktif mewadahi mahasiswa yang tertarik studi ke luar negeri. Nantinya, mahasiswa sarjana menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0933 seconds (10.177#12.26)