10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat

Minggu, 12 Juli 2020 - 06:29 WIB
loading...
A A A
The Indian Institutes of Technology Joint Entrance Examination (Ujian Masuk Bersama Institut Teknologi India) atau IIT JEE juga termasuk salah satu ujian pendidikan tersulit lainnya di India selain GATE Test. IIT adalah salah satu sekolah paling bergengsi di India, sehingga sangat diminati oleh siswa di negara Taj Mahal ini.

Singkatnya, hanya 10.000 siswa yang dipilih setiap tahun dari 50.000 siswa yang mendaftar di IIT. Sekolah menggunakan tes IIT JEE sebagai nilai utama untuk menentukan siswa yang memenuhi syarat diterima sebagai siswa.

8. Tes Gaokao (China)

10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat


Ini adalah ujian pendidikan di China yang juga disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional. Salah satu materi ujian terberat di dunia ini wajib diikuti siswa di China. Hal ini dikarenakan ujian ini digunakan sebagai penilaian apakah seseorang memenuhi syarat untuk menempuh studi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak.

Siswa harus melalui ujian ini jika mereka ingin melanjutkan studi sarjana. Tes ini sangat kontroversial selama beberapa tahun terakhir karena beratnya tekanan yang dialami siswa. (Baca juga: Covid-19 Bentuk Ulang Sistem Pendidikan Global)

9. GATE Test (India)

10 Ujian Pendidikan Paling Sulit di Dunia, Ternyata Dominasi Bukan dari Barat


Film 3 Idiots berusaha memberikan gambaran tentang bagaimana studi teknik sangat dihargai di India. The Graduate Aptitude Test in Engineering atau dikenal sebagai GATE di India ini merupakan salah satu ujian pendidikan teknik terberat di dunia.

Tes ini terutama digunakan untuk tahapan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi sarjana jurusan sains di universitas bergengsi di India. Tes ini menampilkan pertanyaan pilihan ganda dan juga pertanyaan numerik, dan durasi tes adalah 3 jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)