6 Jurusan Kuliah untuk Calon Mahasiswa yang Hobi Menulis, Nomor 2 Paling Diminati

Selasa, 15 November 2022 - 10:47 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah untuk Calon Mahasiswa yang Hobi Menulis, Nomor 2 Paling Diminati
Jurusan Sastra Inggris. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa yang memiliki hobi menulis tak perlu khawatir, ada jurusan kuliah bagilulusan SMA, SMK, dan MAN yang suka menulis sekaligus untuk menyalurkan hobi.

Memilih jurusan di kuliah memang bukanlah perkara mudah. Banyak perbedaan pendapat dari masing-masing jurusan yang ada. Pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan minatmu, jangan hanya asal pilih yang akhirnya malah menjadi bumerang diri.



Nah, bagi kalian yang sangat tertarik dengan dunia kepenulisan dan ingin meningkatkan kemampuan menulis yang kamu punya, sangat disarankan untuk mendaftar di jurusan-jurusan ini.

Selain dapat meningkatkan kemampuan menulis, tentunya dengan jurusan kuliah yang sesuai dengan minatmu akan lebih enjoy untuk dijalani.



Lalu apa saja sih jurusan kuliah yang cocok bagi seseorang yang suka menulis? Ini dia ulasannya.

1. Jurusan Sastra

Tak selalu tentang puisi dan prosa sebagai mahasiswa di jurusan sastra kamu dituntut untuk berpikir kritis dan analisis. Biasanya pada jurusan ini kamu akan bekerja pada posisi content writer yang mana sering melakukan riset dan mengembangkan konten-konten di media.

Banyak sekali perguruan tinggi di indonesia yang menyediakan jurusan ini. Namun jauh lebih baik jika kamu memperdalam ilmu dengan memilih program studi sastra bahasa asing supaya karya yang kamu punya dapat menembus internasional.

2. Jurusan Jurnalistik

Pada jurusan ini biasanya kamu diajarkan teknik-teknik bagaimana mencari, menulis dan menyunting sebuah berita di media baik pada media cetak maupun media elektronik.

Pada jurusan ini kamu juga memiliki kesempatan besar untuk bertemu orang-orang terkenal ketika melakukan liputan di lapangan.

3. Jurusan Teater/Film

Pada jurusan ini kamu akan belajar mengenai peran atau akting, berekspresi, lightning dan menyusun naskah-naskah skenario untuk sebuah pementasan teater dan film serta menulis di bidang jurnalistik seni.

Lulusan dari jurusan ini biasanya dapat bekerja sebagai seniman, penulis naskah, editor, sastrawan dan sebagainya.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Di jurusan Ilmu Komunikasi sangat banyak mata kuliah yang mewajibkan kamu untuk membuat sebuah tulisan. Di jurusan ini kamu juga akan belajar bagaimana menyampaikan pesan dalam bentuk verbal dan non verbal.

Mata kuliah yang terdapat di jurusan ini meliputi public relations, manajemen komunikasi, public speaking dan lainnya. Oh iya, anak ilmu komunikasi terkenal dengan title yang pandai untuk berbicara, loh.

5. Jurusan Media dan Broadcasting

Jurusan media dan broadcasting sangat cocok bagi kamu yang berniat untuk bekerja di stasiun TV ataupun radio, loh. Namun jangan salah, di jurusan ini juga memiliki hubungan dengan dunia kepenulisan.

Di sini kamu akan diajarkan bagaimana proses untuk menciptakan dan mengemas sebuah ide untuk menciptakan sebuah program yang akan dijadikan sebuah konten.

6. Jurusan Pendidikan

Masuk di jurusan pendidikan dan keguruan dapat membantu kamu yang memang memiliki cita-cita sebagai seorang pengajar atau guru. Nah pada jurusan ini kamu akan banyak mempelajari tulisan yang digunakan untuk mengembangkan program dan proses pembelajaran di kelas nantinya.

Selain itu kamu juga akan banyak dibekali berbagai keterampilan untuk dapat menyelesaikan tugas profesi menjadi seorang pengajar atau guru.

MG/ Ni Made Susilawati
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)