Ini 5 Jurusan Kuliah yang Bisa Menjadi CEO

Selasa, 15 November 2022 - 13:21 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Kuliah yang Bisa Menjadi CEO
Terdapat lima jurusan kuliah yang dapat menuntunmu menjadi seorang CEO (chief executive officer). Salah satunya MBA. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima jurusan kuliah yang dapat menuntunmu menjadi seorang CEO (chief executive officer). Posisi ini sama halnya seperti pemegang saham atau pemilik perusahaan. Tak heran bila posisi ini kerap jadi incaran setiap orang di suatu perusahaan.

Dikutip dari investopedia, CEO adalah posisi tertinggi di sebuah perusahaan yang secara garis besar bertanggung jawab atas membuat keputusan penting perusahaan.

Baca juga : Jurusan Kuliah para Presiden Indonesia

Untuk mendapatkan posisi CEO ini perlu mengetahui jurusan kuliah apa yang dapat mendukungnya. Berikut jurusan jurusan kuliah yang bisa menuntun Anda menjadi CEO :

1. Master Of Business Administration

Jurusan Kuliah ini adalah yang paling kompatibel untuk menuntunmu menjadi seorang CEO. Program Studi MBA memberikan mahasiswanya pembelajaran terkait manajemen sebuah bisnis agar tertata rapi sistem operasinya.

Pengelolaan, perencanaan, dan pengembangan bisnis sesuai dengan masa yang ada menjadi fokus prodi MBA. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Institut Negeri Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Binus University, dan Universitas Diponegoro.

2. Hukum

Lulusan Hukum pasti mengerti akan legalitas dan aturan terkait tata usaha yang benar. Oleh karenanya perencanaan untuk berbisnis dan memanage orang-orang pastinya akan lebih tertata.

Universitas yang menyediakan jurusan ini banyak tersebar di Indonesia. Mulai dari, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, hingga Universitas Jenderal Soedirman.

3. Manajemen

Hampir sama dengan fokus prodi MBA, jurusan manajemen memiliki cakupan yang lebih luas. Prodi ini nantinya memiliki kemampuan untuk mengelola jalannya suatu organisasi atau perusahaan yang membuatnya cocok untuk menjadi seorang CEO.

Jurusan ini juga telah banyak terdapat di berbagai Universitas di Indonesia, mulai dari PTN Negeri seperti Universitas Indonesia hingga PTN Swasta macam Binus University.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?

4. Teknik Informatika

Siapa sangka bila jurusan teknik juga menjadi salah satu yang cocok untuk menjadi SEO. Seorang lulusan teknik memang lebih berfokus pada ilmu praktis. Namun hal tersebut justru cocok di era yang modern ini dengan dapat membangun startup baru berbasis teknologi.

Karenanya perlu pandai pandai mencari celah dan peluang sebagai seorang CEO. Beberapa universitas yang menyediakan prodi ini diantaranya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sebelas November, hingga Universitas Sebelas Maret.

5. Ilmu Ekonomi

Selain memiliki pengetahuan tentang cara mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang ada juga harus pandai dalam mencari peluang usaha. Sehingga mengerti apa saja yang sedang dibutuhkan masyarakat. Pandangan ini akan cocok untuk mengisi posisi CEO.

Jurusan ini juga telah tersebar di Indonesia mulai dari Universitas ternama hingga di perguruan tinggi yang kurang terkenal, bahkan ada sekolah khusus untuk jurusan ini seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Sebenarnya sebagai seorang CEO tidak hanya bermodalkan jurusan kuliah saja, namun juga pengalaman, channel, dan seberapa pintar orang memanfaatkan peluang yang ada untuk dijadikan ladang bisnis.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)