QS AUR 2023, Unesa Peringkat Berapa di Tingkat Asia?

Selasa, 15 November 2022 - 16:14 WIB
loading...
QS AUR 2023, Unesa Peringkat Berapa di Tingkat Asia?
Unesa menduduki peringkat di rentang 651-700 dari 760 instansi pendidikan yang ada di Asia pada QS AUR 2023. Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) terus meningkatkan kualitas dan berpartisipasi dalam pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Salah satu pemeringkatan yang diikuti Unesa yaitu Quacquarelli Symonds Asian University Rankings ( QS AUR ) 2023. Dalam pemeringkatan tersebut, baru-baru ini diumumkan bahwa Unesa menduduki peringkat di rentang 651-700 dari 760 instansi pendidikan yang ada di Asia.

Ketua Satuan Klasterisasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Unesa, Prof. Nadi Suprapto menjelaskan, Unesa dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lain di Indonesia masih terbatas pada pemeringkatan QS AUR. Belum ada yang mencapai pada kategori dunia. “LPTK di Indonesia rata-rata sama. Posisi dengan rentang yang sama itu artinya memiliki nilai skor yang sama, cuma untuk pengurutannya itu berdasarkan abjad,” terangnya, dikutip dari laman Unesa, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: ITS Pimpin Pengembangan Bus Listrik Merah Putih untuk KTT G20

Prof Nadi menyebut QS AUR Ranking merupakan pemeringkatan instansi pendidikan yang sama-sama bergengsi dengan THE Asia University Ranking (AUR). Ia juga menjelaskan untuk kategori QS AUR di wilayah Asia Tenggara, Unesa menempati peringkat 103 dari 133 perguruan tinggi yang posisinya sama dengan Universitas Negeri Malang.

“Sedangkan untuk urutan PTN menurut QS AUR, Unesa menduduki peringkat 20 khusus PTN atau 32 dari keseluruhan 40 PTN-PTS se Indonesia. Ini bila dicek secara manual via website QS dan Unesa peringkat 4 dalam urutan LPTK di Indonesia,” bebernya.

Adapun parameter QS Ranking meliputi reputasi akademik, rasio mahasiswa fakultas, makalah per fakultas, kutipan per makalah, fakultas internasional, mahasiswa internasional, staf fakultas dengan gelar doktoral, jaringan riset internasional, serta pertukaran mahasiswa yang masuk dan keluar. “Perlu kita tingkatkan lagi agar Unesa bisa naik ke pemeringkatan yang lebih unggul lagi ke depan,” tandasnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Percepat Lulusan Doktor Lewat Beasiswa PMDSU

Perjalanan Unesa di QS AUR sejak 2021, sebelumnya Unesa masih minim informasi terkait pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Dengan berbagai upaya yang dilakukan Unesa dapat masuk dalam pemeringkatan seperti mendaftarkan diri, mengikuti workshop, mendalami metodenya, dan banyak lagi. “Ini terus kita giatkan supaya menjadi refleksi semua pihak, agar pemeringkatan selanjutnya lebih meningkat,” tambahnya.

Ia melajutkan, ke depan Unesa juga akan berpartisipasi dalam pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang lain seperti UIGM dan THE SDG’s Impact Ranking. Sebagai informasi, adapun LPTK yang masuk dalam pemeringkatan versi QS AUR 2023 yaitu, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Semarang.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1192 seconds (10.101#12.26)