10 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia, Semuanya Terakreditasi A

Selasa, 15 November 2022 - 23:10 WIB
loading...
10 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia, Semuanya Terakreditasi A
Jurusan Kedokteran Hewan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki sejumlah universitas dengan jurusan Kedokteran Hewan terbaik. Bagi calon mahasiswa baru yang senang bekerja dan menolong hewan serta ingin melestarikan keberagaman satwa jurusan ini bisa menjadi pilihan melanjutkan kuliah .

Mahasiswa yang akan kuliah di jurusan Kedokteran Hewan akan mempelajari struktur tubuh hewan seperti tulang-tulang atau yang disebut Anatomi Veteriner, ilmu fungsi dan sistem tubuh hewan (Fisiologi Veteriner), ilmu penyakit dalam, patologi, hingga ilmu tentang obat-obatan yang cocok untuk mengobati hewan yang sakit.

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan Ilmu Keperawatan Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Referensi

Kemudian bagaimana dengan prospek kerjanya? Laman resmi Fakultas Kedokteran Hewan IPB menyebutkan ada sejumlah peluang kerja untuk lulusan Kedokteran Hewan, yakni:

1. Praktik Dokter Hewan
2. Peneliti, konsultan, dan pengajar di berbagai instansi pemerintah dan swasta
2. Pegawai Negeri Sipil (PNS), misalnya di Kementerian Pertanian atau Direktorat Jenderal Peternakan
4. Perusahaan swasta, khususnya yang bergerak di sektor produksi peternakan atau yang berkaitan dengan pengolahan hasil peternakan, serta perusahaan makanan dan minuman.
5. Wirausaha bidang agribisnis peternakan
6. Kepolisian dan TNI
7. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terkait dengan bidang keprofesian dan Pemberdayaan Masyarakat

Baca juga: Ini 5 Jurusan Kuliah yang Bisa Menjadi CEO

Lalu di mana universitas yang menyediakan jurusan Kedokteran Hewan di Indonesia? Bagi calon mahasiswa baru, berikut ini dirangkum enam dari beberapa universitas dengan jurusan Kedokteran Hewan yang sudah tercatat akreditasinya di laman Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dilengkapi dengan sejumlah informasi tentang jurusan tersebut yang dikutip dari laman resmi masing-masing universitas.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB) University

Masa studi mahasiswa sarjana Kedokteran Hewan di IPB University ialah 4 tahun. Jurusan ini menerapkan kurikulum mayor-minor yang menawarkan lebih dari 500 kombinasi kompetensi. Sehingga sarjana lulusan IPB memiliki kompentensi ganda, bahkan gelar ganda sehingga banyak lapangan pekerjaan yang dapat digeluti.

Kurikulum pendidikan kedokteran hewan terdiri atas kurikulum pendidikan akademik dan profesi. Kurikulum pendidikan akademik (sarjana) dilaksanakan dalam waktu 8 semester dengan jumlah 158 sks. Fakultasnya seluas 18,000 meter persegi dan dilengkapi dengan rumah sakit hewan terluas di Asia Tenggara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (11.252#12.26)