Menyesal Masuk Jurusan Kuliah yang Diambil Saat Ini? Begini Solusinya

Rabu, 16 November 2022 - 16:02 WIB
loading...
Menyesal Masuk Jurusan Kuliah yang Diambil Saat Ini? Begini Solusinya
Mahasiswa salah ambil jurusan kuliah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa, memilih jurusan kuliah bukanlah hal sembarangan karena memerlukan pertimbangan sesuai minat, bakat, dan pandangan peluang kerja di masa depan.

Tak jarang jika asal-asalan memilih bisa berakibat salah jurusan atau kurang menikmati kuliah karena tidak sesuai dengan minat yang dimiliki.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa S1-S3 di Hungaria Resmi Dibuka Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftar

Salah jurusan dampaknya juga bisa fatal, mahasiswa bisa kehilangan semangat kuliah dan semangat belajar sehingga akan menghambat kelancaran kuliah. Namun tenang aja, mahasiswa yang mengalami salah jurusan itu ada di mana-mana.

Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur, mengatakan bahwa 87 persen mahasiswa di Indonesia itu sesungguhnya pernah mengalami salah jurusan.

Tapi, jarang sekali mahasiswa yang mau jujur dengan dirinya sendiri bahwa dia sedang berkuliah di jurusan yang tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuanya. Nah, lantas apa yang harus dilakukan jika kalian berada di posisi tersebut?

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Mahasiswanya Belum Lulus tapi Sudah Dipekerjakan Perusahaan, Cek Daftarnya

Mengutip dari laman resmi Akupintar, ternyata ada 6 cara yang bisa dilakukan jika telanjur salah jurusan:

1. Tetap Lanjutkan Kuliah

Namanya sudah terlanjur, ya jalanin saja dulu. Mungkin kamu sudah terlanjur berada di tahun ketiga atau bahkan sudah menyusun skripsi, rasanya pindah jurusan menjadi solusi yang kurang tepat dan buang-buang waktu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1312 seconds (10.55#12.26)