Dilepas Gus Yasin, Obor Pospenas IX 2022 Dikirab dari Grobogan Menuju Surakarta

Senin, 21 November 2022 - 16:50 WIB
loading...
Dilepas Gus Yasin, Obor Pospenas IX 2022 Dikirab dari Grobogan Menuju Surakarta
Wagub Jateng Taj Yasin bersama Direktur PD Pontren Kemenag, Waryono Abdul Ghafur menggelar Pelepasan api Pospenas dari Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Grobogan, Jateng. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kirab Obor Pospenas IX diberangkatkan dari Grobogan, Jawa Tengah, hari ini (21/11/2022). Kirab obor menandai akan dimulainya Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional ( Pospenas ) IX Tahun 2022, yang akan digelar di Kota Surakarta 23-27 November 2022.

Api obor Pospenas diambilkan dari Api Abadi Mrapen, Grobogan dan diarak menuju Surakarta, tempat Pospenas digelar. Pawai obor ini akan dilanjutkan dengan Pawai Santri Nusantara.

Baca juga: MAN 2 Kota Malang Raih Perak dan Perunggu Ajang International Exhibition for Young Inventor 2022

Kirab Obor mengambil titik start dari Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah hari ini pukul 07.00 WIB. Api yang diambil secara simbolik dari Mrapen, Grobogan ini kemudian dilepas untuk diarak menuju Solo.

Pelepasan api Pospenas ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin bersama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Waryono Abdul Ghafur. Setelah dilepas, api yang menyala di obor ini kemudian diterima pelari yang akan membawanya menuju Surakarta.

Dalam kirab ini, obor yang menyala dibawa oleh dua pelari yang didampingi dua pelari cadangan dan empat pembawa bendera. Mereka dikawal oleh kendaraan voorijder dan diikuti oleh sejumlah mobil MPV, double cabin, bus medium, dan ambulans.

Baca juga: Beasiswa LPDP Siapkan Kuota bagi 3.256 Mahasiswa di 2023, Cek Info Lengkapnya di Sini

Peserta pawai ini akan melibatkan antar instansi, selain Kemenag ada Kemenko PMK, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemrov Jawa Tengah, dan masyarakat pondok pesantren.

Rute yang ditempuh menuju Solo akan singgah di dua pondok pesantren legendaris, yakni Ponpes Girikesumo, Mranggen, Demak dan Pondok Pesantren Al Mas’udiyah, Jimbaran, Bandungan, Ungaran, Semarang.

Di kedua pesantren tua tersebut, rombongan pawai akan melakukan seremoni untuk memohon doa kepada para kiai agar acara Pospenas IX meraih kesuksesan, dan juga untuk kemajuan pesantren serta keutuhan NKRI.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (10.101#12.26)