8 Alasan Mengapa Kuliah Online Makin Diminati

Selasa, 22 November 2022 - 11:48 WIB
loading...
8 Alasan Mengapa Kuliah Online Makin Diminati
Kuliah online semakin banyak diminati. (Foto: Istimewa)
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19, proses belajar mengajar telah berubah mengikuti kebijakan pembatasan gerak. Saat ini, mengikuti pembelajaran secara daring tak lagi asing dan sudah menjadi pilihan yang lebih diminati oleh banyak orang. Apalagi jika kamu seorang karyawan yang harus menyesuaikan jadwal dengan jam kerja, kamu bisa mengambil kelas karyawan daring. Mengikuti kelas online juga memberikan kemudahan. Berikut delapan alasan mengapa kuliah online makin diminati!

1. Kemudahan akses yang ditawarkan
Kuliah online memiliki keunggulan utama, yaitu kemudahaan akses. Kamu bisa melakukan pembelajaran dari mana saja. Asal kamu terhubung dengan koneksi internet yang lancar dan tergabung dengan portal yang menyediakan kelas online, maka kamu bisa mengakses segala kebutuhan belajar.

Kamu bahkan bisa melakukan pembelajaran dari daerah yang berbeda dari letak kampusmu dan kamu tak perlu repot-repot melakukan kunjungan ke kampus karena semuanya bisa diselesaikan secara daring, termasuk pertemuan dengan dosen, pengumpulan tugas, bahkan diskusi kelompok dengan mahasiswa lainnya.

2. Pembelajaran yang fleksibel
Selain mudahnya akses, kuliah online juga menyediakan waktu yang fleksibel bagi para mahasiswa. Keuntungan ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin mengikuti kelas karyawan. Jadwal kuliah daring yang fleksibel ini akan mempermudah kamu untuk mengatur waktu kerja dan kuliah.

Bagi yang kuliah S1 online, kamu bisa menyeimbangkan waktu lebih fleksibel dengan dosen. Jika pertemuan dengan dosen dibutuhkan, kamu bisa menanyakan waktu luang dosen dan mengatur pertemuan secara daring.

3. Ada berbagai pilihan program studi
Program kuliah online yang ditawarkan juga sangat beragam seperti kuliah pada umumnya. Sejak pandemi, semakin banyak universitas ternama, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, yang membuka kelas daring. Sistem kelas online tersebut disebut Massive Open Online Courses atau MOOC dengan berbagai pilihan program studi.

Sebagai contoh, BINUS ONLINE LEARNING memberikan penawaran beragam program studi. Beberapa dii antaranya adalah program studi Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan Sistem Informasi.

4. Interaksi yang lebih intens dengan dosen maupun mahasiswa
Perkuliahan online juga menawarkan kelas yang lebih eksklusif. Biasanya, mahasiswa kuliah online akan lebih sedikit daripada kelas reguler. Hal ini bisa meningkatkan kualitas interaksi dan diskusi yang lebih intens sehingga materi pembelajaran bisa lebih baik tersampaikan dan diserap oleh mahasiswa.

5. Bisa pilih mata kuliah sendiri
Umumnya, kelas daring adalah kelas mandiri yang diambil oleh mahasiswa yang tak memiliki banyak waktu atau kesempatan untuk mengikuti kelas reguler. Untuk itu, mata kuliah yang diambil pun bisa dipilih menyesuaikan kemampuan. Jumlah mata kuliahnya bisa diatur berdasarkan waktu yang kamu sediakan untuk belajar.

6. Biaya lebih hemat
Jika mahasiswa bisa memilih jumlah mata kuliahnya sendiri, maka biayanya pun menjadi lebih hemat. Apabila kamu tak bisa mengikuti kelas reguler karena masalah dana, kamu bisa menggunakan kesempatan mengikuti kuliah S1 online seperti di BINUS ONLINE LEARNING yang menerapkan sistem modular. Sistem ini memperbolehkan mahasiswa memilih jumlah mata kuliahnya sendiri, termasuk besaran biaya kuliah berdasarkan mata kuliah yang diambil per semester.

7. Bisa konversikan pengalaman kerja jadi SKS
Untuk kamu yang mengikuti kuliah online karena kamu seorang karyawan yang ingin mengembangkan diri atau melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, akan ada program yang menyetarakan pengalaman kerjamu menjadi Satuan Kredit Semester atau SKS. di BINUS ONLINE LEARNING, program ini disebut Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Pengalaman kerja yang sudah kamu miliki bisa menggantikan proses mengikuti mata kuliah.

8. Kualitas pembelajaran yang baik
Dengan kelas daring, mahasiswa dapat fokus melakukan pembelajaran dengan mata kuliah yang terbatas sehingga hasil pembelajarannya bisa lebih maksimal. Interaksi yang lebih intens dan eksklusif juga menambah kualitas pembelajaran. Kamu tak perlu ragu karena kualitas kuliah daring akan sama dengan kelas dengan sistem perkuliahan reguler.

Tertarik mengambil kuliah online yang memberikan ragam kemudahan dan keuntungan? Ikuti kelas daring bersama dengan BINUS ONLINE LEARNING yang menawarkan seluruh kelebihan di atas untuk kamu. Kunjungi website BINUS ONLINE LEARNING untuk mengetahui lebih lanjut cara pendaftarannya!
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1055 seconds (11.252#12.26)