Mahasiswa, Berikut Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Muncul

Senin, 28 November 2022 - 16:48 WIB
loading...
Mahasiswa, Berikut Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sering Muncul
Sederet pertanyaan saat sidang skripsi yang sering muncul bisa membantu mahasiswa menghadapi ujian sidang skripsi nantinya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sidang skripsi menjadi perjuangan akhir untuk seorang mahasiswa dalam memperoleh gelar sarjana. Sederet pertanyaan akan diajukan oleh dosen untuk menguji kemampuan akademik mahasiswa .

Sidang skripsi adalah tahapan pengujian karya ilmiah mahasiswa yang juga mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah ilmiah.

Dalam sidang ini, mahasiswa akan menghadapi setidaknya tiga dosen yang akan menguji keselarasan teori dan implementasi yang dituangkan dalam isi skripsi yang telah disusun mahasiswa.

Sebagian besar mahasiswa pasti khawatir menghadapi sidang skripsi ini. Apalagi jika membayangkan harus berhadapan dengan dosen yang siap membantai dengan pertanyaan tajam dan kritis.

Nah, agar kalian lebih percaya diri dalam menghadapi sidang skripsi, berikut beberapa pertanyaan sidang skripsi yang sering muncul dan tips menjawabnya yang dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan PT Pertamina dan Bergaji Tinggi

1. Apa masalah ilmiah penelitianmu? Apa masalah yang ingin diangkat?

Kenapa penting ada masalah yang ingin diangkat? Umumnya tujuan riset itu untuk menjawab masalah yang ada. Kalau tidak ada masalah, kenapa harus buang waktu dan energi untuk meneliti? Penelitianmu harus memiliki signifikansi.

Perlu juga diingat bahwa tidak semua masalah bisa atau harus diteliti; terutama masalah yang bisa dijawab dengan “Yes or No.” Jawaban Ya atau Tidak itu tidak memajukan pengetahuan kita.

“Salah satu tugas pertama dalam menentukan topik penelitian yang terperinci adalah menemukan pertanyaan, kontroversi yang belum terselesaikan, kesenjangan dalam pengetahuan atau kebutuhan yang tidak terbalas dalam subjek yang dipilih. Pencarian ini membutuhkan kesadaran akan isu-isu terkini dalam subjek dan pikiran yang ingin tahu dan bertanya. Meskipun Anda akan menemukan bahwa dunia ini penuh dengan pertanyaan dan masalah yang belum terselesaikan, tidak semua ini adalah subjek yang cocok untuk penelitian.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2278 seconds (10.101#12.26)