Siswa Madrasah Borong 9 Medali di Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022

Selasa, 29 November 2022 - 09:33 WIB
loading...
Siswa Madrasah Borong 9 Medali di Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022
MAN Insan Cendekia (IC) Serpong. Foto/Dok/Pendis Kemenag
A A A
JAKARTA - Siswa madrasah meraih sembilan medali dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022. Ajang ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

OPSI 2022 terbagi dalam tiga bidang lomba, yaitu: Bidang Matematika, Sains, dan Terapan (MST), Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), dan Bidang Fisika, Terapan, dan Rekayasa (FTR). Hasil lomba diumumkan pada 25 November 2022, bertepatan peringatan Hari Guru Nasional.



“Alhamdulillah, siswa madrasah sangat kompetitif pada OPSI 2022. Terbukti, siswa madrasah berhasil meraih medali emas di semua bidang lomba riset, baik MST, ISH, maupun FTR,” tegas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Selasa (29/11/2022).

Pada Bidang Matematika, Sains, dan Terapan (MST), siswa madrasah meraih empat medali, terdiri dari: 1 medali emas (MAN 2 Kota Malang), 2 medali perak (MAN 3 Bantul dan MAN 2 Ponorogo), serta 1 medali perunggu (MAN IC Gorontalo)

Untuk Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), ada 3 medali yang dibawa pulang siswa madrasah, yaitu: 1 medali emas (MAN 1 Lamongan), dan 2 perunggu (MAN IC Pekalongan dan MAN 3 Sleman).



Sementara di Bidang Fisika, Terapan, dan Rekayasa (FTR), MAS Putri PUI Jabar meraih medali emas dan MAN 1 Kota Malang meraih medali perunggu.

Isom mengatakan, hasil OPSI 2022 sangat membanggakan. Siswa madrasah berhasil memberikan yang terbaik dengan jumlah medali yang cukup banyak. Total ada 24 medali yang disiapkan panitia.

Di bidang MST dan ISH, masing-masing ada 3 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Sementara untuk bidang FTR hanya 2 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu. “Dari 24 itu, kita bawa pulang 9 medali. Ini hasil yang membanggakan,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)