Lulusan Jurusan Sastra Mau Jadi Apa? Berikut Prospek Kerjanya

Selasa, 29 November 2022 - 17:59 WIB
loading...
Lulusan Jurusan Sastra Mau Jadi Apa? Berikut Prospek Kerjanya
Berikut peluang kerja jurusan sastra yang bisa bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta di dalam dan luar negeri. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Prospek kerja lulusan jurusan sastra berikut ini bisa menjadi gambaran bahwa jurusan sastra memiliki peluang kerja menjanjikan dan cerah. Lulusannya tidak hanya bisa menjadi penerjemah namun menekuni bidang lain di instansi pemerintah maupun swasta.

Mempelajari sastra di bangku kuliah akan memperluas cakrawala pengetahuanmu. Mahasiswa tidak hanya akan mempelajari kemampuan dasar berbahasa namun juga gejala kebahasaan ataupun filologi sehingga lulusannya memiliki kompetensi tinggi dan bisa berkiprah di dunia kerja secara luas.

Jurusan sastra banyak tersedia di perguruan tinggi negeri dan swasta. Bahkan di PTN, baik itu di jalur SNMPTN dan juga SBMPTN jumlah peminatnya tidak sebanding dengan daya tampung yang disediakan di kampus.

Salah satu PTN yang menyediakan jurusan sastra adalah Universitas Padjadjaran (Unpad). Unpad memiliki Fakultas Ilmu Budaya yang menyediakan program studi S1 Sastra Indonesia, Sastra Sunda, Sastra Inggris, Sastra Prancis, Sastra Jepang, Sastra Rusia, Sastra Jerman, dan Sastra Arab.

Baca juga: 21 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Matematika

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Sastra

Bagi kalian yang menyukai bidang bahasa, memiliki minat baca tinggi, dan suka menulis literatur yang tinggi maka jurusan sastra bisa menjadi pilihan. Mengenai bagaimana prospek kerjanya, jangan khawatir karena lulusannya memiliki peluang kerja luas di berbagai bidang.

Sebagai gambaran, berikut ini peluang kerja lulusan jurusan Sastra di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad seperti yang dikutip dari laman resmi Unpad.

1. Sastra Indonesia

Ribuan alumni Sastra Indonesia Unpad telah tersebar dalam keragaman bidang kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, dengan posisi yang baik. Kompetensi kerja alumni Sastra Indonesia sangat luas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2159 seconds (10.55#12.26)