Penting, Ini Tahapan Pendaftaran dan Syarat Lengkap SNBP 2023

Kamis, 01 Desember 2022 - 17:18 WIB
loading...
Penting, Ini Tahapan Pendaftaran dan Syarat Lengkap SNBP 2023
Informasi mengenai tahapan pendaftaran dan persyaratan SNBP 2023 yang harus dipenuhi sekolah dan siswa penting diketahui calon mahasiswa baru di PTN. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek akan menggelar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) tahun depan. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah dan siswa.

Kemendikbudristek telah membentuk tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2023 untuk mempersiapkan seleksi masuk PTN. Sebelumnya, nama penyelenggaran seleksi masuk PTN ini adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Terdapat tiga jalur seleksi yang dibuka tahun depan yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri. SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur
Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Baca juga: SNBP 2023, Jadwal Lengkap dan Ketentuan Memilih Prodinya

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%.

Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Dikutip dari data SNPMB PTN 2023 di laman SNPMB, berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi sekolah dan siswa untuk mengikuti SNBP 2023.

Persyaratan

1. Persyaratan Sekolah

- SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
- Ketentuan akreditasi:
Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya
Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0647 seconds (0.1#10.140)