Bukan Hanya Jadi Hakim dan Jaksa, Ini 7 Prospek Kerja Bergaji Tinggi Jurusan Ilmu Hukum

Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:48 WIB
loading...
Bukan Hanya Jadi Hakim dan Jaksa, Ini 7 Prospek Kerja Bergaji Tinggi Jurusan Ilmu Hukum
Peluang kerja lulusan jurusan Ilmu Hukum tak hanya terbatas menjadi hakim atau jaksa. Namun terbuka luas untuk sejumlah profesi lain dengan gaji tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Ilmu Hukum menjadi jurusan yang banyak peminatnya di perguruan tinggi. Peluang kerjanya yang luas, bukan hanya menjadi jaksa atau hakim menjadi salah satu pertimbangan mengapa jurusan ini menjadi favorit.

Jurusan Ilmu Hukum ada di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Di Universitas Indonesia (UI) misalnya, jurusan Ilmu Hukum menjadi yang tertinggi peminatnya pada SBMPTN 2021 sebanyak 3.161 orang dan 1.102 orang di SNMPTN 2021.

Mahasiswa yang masuk jurusan Ilmu Hukum akan mempelajari tentang perundang-undangan, ilmu hukum dasar, hingga ilmu hukum internasional. Sejumlah kasus hukum nasional dan internasional nanti akan dikaji mahasiswa untuk mengasah kemampuannya di bidang hukum.

Oleh karena bidang hukum yang dipelajari di bangku kuliah, biasanya peluang kerja yang diketahui masyarakat hanyalah menjadi jaksa dan hakim. Namun sebetulnya banyak peluang kerja jurusan Ilmu Hukum untuk bekerja di perusahaan bergengsi dengan gaji tinggi.

Dikutip dari laman Kita Lulus, berikut ini peluang kerja jurusan Ilmu Hukum yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: IPB Raih Terbaik I Kategori Perguruan Tinggi di SDGs Action Awards 2022

1. Pengacara

Siapa yang tak kenal Hotman Paris, Hotma Sitompul, O.C Kaligis, hingga Kamaruddin Simanjuntak yang saat ini dikenal sebagai pengacara almarhum Brigadir J.

Ini adalah profesi yang paling populer untuk lulusan Ilmu Hukum. Mereka memiliki satu tugas yakni membela hukum klien dan menyelesaikan perselisihan dengan seefektif mungkin.

Kisaran gaji seorang pengacara di Indonesia bervariasi, tergantung jenis dan beratnya kasus. Mulai dari Rp5 juta sampai tidak terbatas jumlahnya, apalagi jika berhasil mendapat klien orang penting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3008 seconds (0.1#10.140)