9 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan PT PLN dengan Tawaran Gaji Tinggi

Senin, 05 Desember 2022 - 16:25 WIB
loading...
9 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan PT PLN dengan Tawaran Gaji Tinggi
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membuka lowongan kerja untuk lulusan tingkat Diploma, S1 hingga S2. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau dikenal dengan PT PLN (Persero) membuka lowongan kerja untuk lulusan tingkat Diploma, S1 hingga S2. Buat fresh graduate yang ingin bekerja di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ini adalah kesempatan emas.

Namun, untuk memenuhi bidang pekerjaan sesuai kualifikasi, gelar akademis dari jurusan tertentu harus dimiliki. Berikut 9 jurusan yang dibutuhkan PT PLN, perusahaan yang bergerak di bidang pembangkitan, transmisi, dan distribusi tenaga listrik.



Sembilan Jurusan Kuliah ini bisa jadi pertimbangan fresh graduate untuk melamar ke perusahaan pelat merah tersebut.

1. Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan jurusan yang mempelajari ilmu tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik elektro juga dapat mengembangkan kompetensi yang berorientasi pada problem solving.

Lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan hampir di seluruh industri untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.



Di perusahaan PLN sendiri, nantinya lulusan yang berasal dari jurusan teknik elektro akan menjadi bagian divisi Enjiniring Distribusi, Enjiniring Transmisi dan Gardu Induk.

Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp7 juta sampai Rp12 juta.

2. Teknik Telekomunikasi

Jurusan teknik telekomunikasi mempelajari mengenai pemasangan kabel dan komunikasi jaringan sinyal radio.

Selain itu, paa mahasiswa akan mempelajari juga perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital.

Lulusan dari jurusan ini banyak dicari oleh berbagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi telepon genggam, internet, maupun perusahaan teknologi lainnya.

PT PLN juga membutuhkan lulusan teknik telekomunikasi yang nantinya akan ditempatkan di divisi Pembangunan dan Aktivasi (Icon+), Pemeliharaan dan Aset (Icon+).

Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp5 juta sampai Rp20 juta.

3. Teknik Industri

Teknik industri berfokus pada perancangan sistem terintegrasi dan sistem rantai suplai melalui optimasi berbagai faktor produksi dengan keahlian ilmu eksakta maupun ilmu sosial.

Tujuannya adalah untuk merancang, mengevaluasi, dan mendapatkan proses produksi yang efektif dan efisien di industri manufaktur maupun jasa. Lulusan dari prodi teknik industri memiliki pilihan pekerjaan yang luas karena dapat bekerja di sektor manufaktur dan jasa.

Tentunya, PT PLN juga membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Rata-rata gaji staf teknik industri PT PLN (Persero) Tbk per bulan di Indonesia adalah sekitar Rp8 juta.

4. Teknik Sipil

Lulusan teknik sipil memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang rekayasa, pembangunan, pengoperasian, supervisi, dan pemeliharaan infrastruktur yang berkaitan dengan ketenagalistrikan atau infrastruktur lainnya.

Setelah lulus dari jurusan ini, dapat bekerja di perusahaan konstruksi, pengembang, instansi pemerintah dan juga dapat bergabung di PLN untuk ikut membangun dan mengembangkan infrastruktur pembangkit listrik di Tanah Air.

Pada umumnya, standar gaji teknik sipil fresh graduate atau baru lulus adalah sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta.

5. Teknik Mesin

Jika kalian ingin bekerja di PLN, cocok mengambil jurusan teknik mesin. karena kalian akan ditempatkan pada bagian pengolahan mesin. setiap pembangkit listrik membutuhkan keahlian enginer teknik mesin, untuk menjaga kualitas PLTA/PLTU.

6. Teknik Manajemen

Seperti teknik manajemen lainnnya yang ada dalam jurusan kuliah lainnya juga, teknik ini masih mempelajari yang sama juga. Misalnya, mempelajari tentang pengawasan operasional tentang akutansi, pemasaran, dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan manajemen.

Karena itu, jurusan ini sangat di butuhkan saat anda melamar di PLN. Alasan lainnya karena ini adalah bentuk yang ada hubungannya dengan bagaimana bisa mengawasi dengan baik sebuah proyek, dan supaya itu bisa berhasil bagaimana itu bisa di lakukan. Karena itu membutuhkan seorang ahli yang memang cakap dalam hal ini.

7. Administrasi

Jurusan administrasi mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan pengawasan operasi bisnis serta bidang terkait yang mencakup akuntansi, keuangan, manajemen proyek, dan pemasaran.

Lulusan ini nantinya bisa melamar pada profesi pemasaran dan pelayanan pelanggan serta manajemen SDM dan Organisasi.

Rata-rata gaji staf administrasi PT PLN (Persero) per bulan adalah sekitar Rp8 juta.

8. Ekonomi

Ekonomi memang jurusan yang bisa bekerja di mana saja. karena setiap perusahaan pasti butuh seseorang yang mampu memanajemeni keuangan. jadi jika kalian senang dengan berhitung uang, maka ambillah jurusan ekonomi. selain bisa kerja di Bank, terdapat pula peluang besar kerja di PLN.

9. Informatika

Untuk bekerja sebagai karyawan PLN, jurusan informatika juga cocok. karena penggunaan software, dan jaringan juga dibutuhkan. misalnya pengolahan data PLN yang akan diupload ke situs resmi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)