22 Anak Perusahaan Pertamina, Cocok untuk Fresh Graduate yang Ingin Gaji Tinggi

Selasa, 06 Desember 2022 - 07:05 WIB
loading...
22 Anak Perusahaan Pertamina, Cocok untuk Fresh Graduate yang Ingin Gaji Tinggi
Berikut daftar 22 anak perusahaan Pertamina yang cocok untuk fresh graduate melamar pekerjaan dengan gaji tinggi. Foto/Ilustrasi/Ist.
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memiliki 22 anak perusahaan yang bergerak di sejumlah bidang. 22 perusahaan ini bisa menjadi pilihan para fresh graduate yang ingin berkarier di perusahaan bonafide dengan gaji tinggi.

Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang memiliki sejarah panjang di bumi pertiwi. Eksistensi Pertamina dibangun sejak akhir 1950-an yang dididirikan untuk mengelola ladang minyak di wilayah Sumatera.

Awalnya, Pertamina saat itu bernama PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatera Utara kemudian namanya diubah menjadi PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina) yang pada 10 Desember 1957 diperingati sebagai hari lahir Pertamina.

Pertamina pun menjadi sebuah perusahaan raksasa yang menguasai bisnis minyak dan gas bumi di Indonesia sejak saat itu. Saat ini Pertamina ingin mengejar visi menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi Indonesia.

Namun tahukah kamu bahwa Pertamina tidak hanya bergerak di minyak dan gas bumi, melainkan juga rumah sakit, transportasi udara, perbaikan kapal, bahkan perusahaan pelayaran internasional?

Dikutip dari laman resmi Pertamina, berikut ini 22 anak perusahaan Pertamina yang bisa menjadi rekomendasi fresh graduate untuk mencari kerja.

1. PT Pertamina Hulu Energi

PT Pertamina Hulu Energi berdiri pada 2002 dan bergerak dalam bidang pengelolaan usaha sektor hulu minyak dan gas bumi serta energi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak dan gas bumi.

2. PT Pertamina EP Cepu ADK

PT. Pertamina EP Cepu ADK berdiri pada 2013 sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang memiliki wilayah kerja Alas Dara Kemuning yang terletak di Kabupaten Blora Jawa Tengah.

3. PT Pertamina EP Cepu

PT. Pertamina EP Cepu berdiri pada 2005 sebagai anak perusahaan PT. Pertamina EP dan pada 2007 berubah status menjadi anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi di Blok Cepu.

Baca juga: IPB University Kembali Raih Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-35

4. PT Pertamina Bina Medika

Salah satu anak perusahaan Pertamina ini dulunya bernama RSPP yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan dan Rumah Sakit di Jakarta.

5. PT Pelita Air Service

Pelita Air Service bergerak dalam bidang transportasi udara, Aircraft Charter, dan Regular Air Services.

6. . PT Pertamina Lubricants

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013. Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

7. PT Pertamina Trans Kontinental

PT Pertamina Trans Kontinental (d/h PT. Pertamina Tongkang ) bergerak dalam bidang Non Tanker Domestik Transportasi untuk industri minyak dan manajemen KABIL Jetty di Batam, Agency, Jasa Underwater dan HOP.

8. Dana Pensiun Pertamina

Mengelola data peserta dan mengembangkan dana guna memenuhi kewajiban membayar manfaat pensiun tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat subyek.

9. PT Pertamina International Shipping

Berdiri sejak 2016, PT Pertamina International Shipping adalah anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang dibentuk sebagai perusahaan pelayaran internasional.

10. PT Pertamina EP

PT. Pertamina EP berdiri pada 2005 yang merupakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi. Meliputi eksplorasi, eksploitasi serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.

11. PT Pertamina Drilling Services Indonesia

Pertamina Drilling Sevices Indonesia yang merupakan salah satu bagian PT.Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang Drilling Services atau pekerjaan pemboran dan kerja ulang pindah lapisan sumur-sumur migas dan geothermal.

12. PT Tugu Pratama Indonesia

Ini adalah anak perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang jasa asuransi umum, Minyak dan Gas dan Industri operasi Marine Hull.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat di UI, ITB, dan UGM, Peluang Lolos di PTN Terbaik Terbuka Lebar

13. PT Pertamina Dana Ventura (d/h. PT. Pertamina Saving & Investment)

Perusahaan ini dulunya bernama YTPP dan bergerak di bidang Investment Portfolio Management Services.

14. PT Patra Jasa

PT Patra Jasa bergerak di Hotel / Motel Management, kantor dan sewa properti, termasuk barang-barang eks Pertamina dan PT Patra Jasa aset sendiri.

15. PT Pertamina Gas

PT Pertagas berdiri pada 2007 dan bergerak dalam bidang niaga, transportasi distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya yang terkait dengan gas alam dan produk turunannya.

16. PT Pertamina Patra Niaga

PT Pertamina Patra Niaga berdiri pada 1997-an yang bergerak di Hilir Migas dalam bidang usaha perdagangan BBM, pengelolaan BBM, pengelolaan armada/fleet, dan pengelolaan depot, teknologi dan perdagangan Non BBM.

17. . PT Pertamina Retail

PT Pertamina Retail (d/h. PT. Pertajaya Lubrindo) PT Pertamina Retail bergerak dalam bidang Retail SPBU yang didirikan pada 1 September 2005 dan baru beroperasi pada 2006.

18. PT Nusantara Regas

PT Nusantara Regas terlibat dalam pengadaan LNG, Penyediaan Fasilitas FSRU dan Fasilitas Lainnya serta penjualan Gas Bumi.

19. PT Patra Dok Dumai

Anak perusahaan Pertamina ini bergerak di bidang Teknologi pemeliharaan perbaikan kapal yang sebelumnya bernama Unit Operasi Pertamina.

20. PT Pertamina Training & Consulting

Sebelumnya bernama PT Patra Tridaya sebagai bagian dari Pertamina yang bergerak di bidang Human Capital, Consulting dan Jasa Manajemen Lainnya, PT Pertamina Training & Consulting memberikan kontribusi bagi pengembangan kompetensi Sumber Daya berbasis kepada perkembangan pengetahuan dan teknologi. Adapun bisnis yang dijalani adalah Man Power Supply, Event Organizer & Other Services, Jasa Pengamanan, Assessment Center serta Training & Consulting.

21. PT Pertamina Internasional EP

22. PT Pertamina Geothermal Energy

PT Pertamina Geothermal Energy berdiri sejak 2006 dan bergerak dalam bidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi. Meliputi kegiatan eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.

Demikian 22 anak perusahaan Pertamina yang bisa menjadi tujuan terbaik untuk para fresh graduate. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)