Praktisi Mengajar Pacu Mahasiswa Selesaikan Kuliah Lebih Cepat

Selasa, 06 Desember 2022 - 08:40 WIB
loading...
Praktisi Mengajar Pacu Mahasiswa Selesaikan Kuliah Lebih Cepat
Wadek 1 Bidang Akademik MIPA Unsri Hasanuddin, Praktisi Mengajar di Unsri Freddy Supriyadi, Dosen Unsri Fauziyah, Mahasiswi Unsri Jeni Meiyerani saat menyampaikan informasi mengenai Praktisi Mengajar. Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
PALEMBANG - Program Praktisi Mengajar dinilai memecut semangat mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya lebih cepat. Hal ini tidak terlepas pengalaman kerja yang dibagikan oleh praktisi dari dunia industri kepada mahasiswanya.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya (Unsri) Hasanudin menjelaskan, program Praktisi Mengajar tidak hanya memberi manfaat kepada institusi perguruan tinggi. Namun juga memberi keuntungan kepada mahasiswa.

Dia mengatakan, para praktisi mengajar yang terlibat dalam Praktisi Mengajar ini membagikan cerita dan pengalaman mereka di dunia kerja. Para mahasiswa pun yang selama ini kuliah teori dan monoton di dalam kelas akhirnya terbuka pengetahuannya akan dunia luar.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan PT PLN dengan Tawaran Gaji Tinggi

Cerita dan pengalaman inilah, katanya, yang membangkitkan motivasi mahasiswa untuk segera menyelesaikan kuliahnya untuk bekerja. "Ini (Praktik Mengajar) membangkitkan semangat mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Sebab mereka sudah mendapat pengalaman baru dari praktisi di tempat bekerja," katanya ketika ditemui di kampus Unsri, Senin (5/12/2022).

Dia menjelaskan, kampusnya mengutamakan alumni untuk diundang menjadi Praktisi Mengajar. Total ada 18 praktisi yang mengajar di Fakultas MIPA. Mereka terundang untuk membagikan pengalamannya agar mahasiswa mendapat ilmu baru. Menariknya, ungkap Hasanuddin, ada beberapa praktisi yang tidak mau menerima honor dari program Praktisi Mengajar ini.

Mahasiswa Unsri Fakultas Ilmu Kelautan Jeni Meiyerani menuturkan, praktisi memberikan mereka tidak hanya pelajaran teori yang selama ini diberikan dosen. Namun pelajaran praktik yang langsung dikerjakan oleh praktisi tersebut di dunia kerja.

"Program ini sangat bagus dan saya mengapresiasi karena dengan adanya kegiatan ini kami bisa tau nantinya bisa bekerja di mana," ungkap Jeni ketika diwawancarai.

Dia menuturkan, dengan adanya wawasan dari praktisi mahasiswa pun bisa mengetahui kalau dengan bekal ilmu yang dipelajari maka bisa bekerja tidak hanya linier di tempat bekerja dengan ilmu yang dipelajari di kampus namun di perusahaan atau institusi berbeda.

Baca juga: Sambut 1.404 Lulusan, Begini Keseruan Acara Welcoming New Alumni 2022 Prasetiya Mulya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (10.101#12.26)