Ini 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Bekerja di Bank Mandiri

Selasa, 06 Desember 2022 - 09:35 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Bekerja di Bank Mandiri
Berikut ini 5 jurusan kuliah yang cocok untuk bekerja di Bank Mandiri, salah satu bank BUMN terbesar. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk menjadi salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia yang membuat para pencari kerja memburu lowongan kerja di Bank Mandiri. Sejumlah jurusan pun banyak dicari bank yang didirikan 2 Oktober 1998 ini.

Bank Mandiri merupakan bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia dilebur menjadi Bank Mandiri.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki sejumlah anak perusahaan. Seperti Bank Syariah Indonesia, PT Bank Mandiri Taspen, Bank Mandiri (Europe) Ltd, Axa Mandiri Financial Services, Mandiri Inhealth, Mandiri Sekuritas, Mandiri Capital Indonesia, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Utama Finance, dan Mandiri International Remittance.

Dengan beragamnya bidang usaha Bank Mandiri, tentunya perusahaan ini membutuhkan banyak pegawai untuk mengisi sejumlah posisi. Berikut ini lima jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh Bank Mandiri dan cocok untuk fresh graduate berdasarkan penelusuran SINDOnews.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan PT PLN dengan Tawaran Gaji Tinggi

1. Jurusan Perbankan dan Keuangan

Sebagai perusahaan yang operasional utamanya bidang perbankan maka jurusan Perbankan dan Keuangan bisa ditempatkan di posisi pertama bagi kalian yang ingin bekerja di Bank Mandiri.

Program studi ini sebagian besar berada di jenjang D3. Kalian bisa temui jurusan ini di antaranya di Universitas Airlangga, Universitas Siliwangi, Perbanas Institute, Universitas Kristen Indonesia, dan Politeknik Negeri Balikpapan.

Karakteristik lulusannya adalah menjadi tenaga profesional yang memiliki pengetahuan praktis keuangan dan perbankan. Selain itu juga lulusan yang bisa mengelola transaksi keuangan perusahaan.

2. Akuntansi

Jurusan Akuntansi yang umumnya masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis mendidik mahasiswanya untuk menguasai sistem informasi akuntansi dan teknologi, audit, akuntansi keuangan manajemen dan publik.

Meski lulusan jurusan Akuntansi biasanya memilih berkarier sebagai akuntan publik, konsultan dan jasa penjaminan dalam pelaporan keuangan, namun mereka juga dibutuhkan di institusi perbankan seperti Bank Mandiri. Pada lowongan kerja Bank Mandiri pada program Officier Development Program (ODP), jurusan Akuntansi dibutuhkan untuk posisi ODP Risk Management.

3. Teknik Informatika

Pada era perkembangan teknologi yang serba digital saat ini, Bank Mandiri pun pasti akan semakin mengakselerasi transformasi digital untuk melayani masyarakat yang ingin layanan keuangan yang serba cepat, efisien, aman, dan mudah diakses.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya dapat Bekerja di Telkomsel dan Bergaji Tinggi

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. telah menerapkan strategi Leverage Digital Ecosystem melalui kerjasama dengan Fintech maupun e-Commerce. Inisiatif yang dilakukan antara lain dengan mengembangkan Digital Acquisition, Digital Payment, dan Digital Financing dan layanan digital lainnya yang membutuhkan lulusan Teknik Informatika.

4. Manajemen Perbankan Syariah

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang tergabung dalam tiga bank syariah milik BUMN yang disatukan di Bank Syariah Indonesia (BSI). Tentunya prospek kerja jurusan Perbankan Syariah semakin terbuka lebar.

Jurusan perbankan syariah adalah jenis bidang keilmuan di bidang keuangan dan perbankan yang segala kegiatan operasionalnya berdasarkan syariah Islam. Perbankan syariah memiliki sistem operasional yang berbeda dengan perbankan konvensional lainnya.

5. Statistika

Jurusan kuliah Statistika menjadi cabang dari jurusan Ilmu Matematika yang berfokus pada pengolahan data. Hal yang akan dipelajari nantinya adalah mengolah data menjadi bahasa yang mudah dipahami.

Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan statistika karena di zaman sekarang ini seorang ahli statistika sangat dibutuhkan di hampir semua perusahaan.

Tidak hanya di perusahaan swasta dan pemerintahan saja, akan tetapi di bank juga membutuhkan lulusan statistika. Lowongan kerja Bank Mandiri pada ODP Bank Mandiri 2022 juga membutuhkan lulusan Statistika untuk ODP IT dan ODP Risk Management.

Nah itulah lima jurusan kuliah yang lulusannya bisa bekerja di Bank Mandiri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)