Jika Mahasiswa Ingin Sukses 5-10 Tahun ke Depan, Erick Thohir: Ini yang Harus Dikuasai

Selasa, 06 Desember 2022 - 08:36 WIB
loading...
Jika Mahasiswa Ingin Sukses 5-10 Tahun ke Depan, Erick Thohir: Ini yang Harus Dikuasai
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2022 menggelar seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN secara luring di Kampus UI Depok. Foto/DOk/Humas UI
A A A
JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia ( BEM UI ) 2022 menggelar seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN secara luring di Kampus UI Depok.

Kegiatan ini untuk mengajak para mahasiswa menyadari potensi dan tantangan dari perkembangan dunia karier yang bergerak dengan sangat pesat.



Sekaligus hadirnya prospek-prospek kerja baru sebagai bentuk penyesuaian terhadap zaman dengan tajuk acara BEM UI Trilogy yang membawa tema besar "Endless Ideas for The Future".

BEM UI Trilogy merupakan rangkaian dari Career Talk UI, Indonesia Financial Summit, dan UI DigiTalk yang dihadirkan dengan tujuan agar mahasiswa UI mengenali lebih lanjut potensi karier yang ada di sekitar mereka.

Sehingga, para mahasiswa bisa mendapatkan gambaran mengenai career path yang akan ditekuni setelah menempuh pendidikan di universitas tercintanya.



Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama 2 hari terhitung dari 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, hadir pula beberapa narasumber lain seperti Danny Praditya (Director of Operation & Portfolio MIND ID), Robertus Billitea (Direktur Utama Indonesia Financial Group), Alexandra Askandar (Wakil Direktur Utama Bank Mandiri), dan Ananza Prili (Self Development Content Creator).

Sedangkan hari kedua diramaikan oleh Tedi Bharata (Deputi SDM Teknologi dan Informasi BUMN), Ririek Adriansyah (Direktur Utama PT Telkom Indonesia), Dannif Danusaputro (Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia), Vina Muliana (Senior Associate Culture Strategy Lead MIND ID),

lainnya, Bella Arswendita (Content Creator) dan special performance dari penyanyi Gangga Kusuma. Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 1000 orang ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Erick Thohir selaku Menteri BUMN memaparkan kepada para audiens terkait pentingnya anak muda menjadi pelaku ekonomi yang berorientasi pada kebermanfaatan. Beliau menegaskan bahwa penting bagi generasi muda menciptakan landasan utama ekonomi Indonesia yang berbasiskan pada ilmu pengetahuan.

Terlebih, Erick menjelaskan terkait adanya transformasi besar akibat beralihnya ke dunia digital yang penuh dengan berbagai tantangan. Erick menyampaikan bahwa target Indonesia saat ini yakni memperkuat jaringan dari hilirisasi hingga digitalisasi.

Produk-produk turunan dari bahan mentah perlu diketahui oleh mahasiswa agar sadar bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi seminar dan diskusi yang diisi oleh para narasumber lainnya yang menegaskan pentingnya persiapan diri dalam menghadapi dunia karier dari berbagai jenis industri.

Mereka juga menegaskan bahwa persaingan saat ini tidak hanya terjadi di antara sumber daya manusia, tetapi antara sumber daya manusia dan teknologi sehingga penting bagi kaum generasi muda untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul dan dapat bekerja beriringan dengan teknologi.

BEM UI Trilogy juga menyediakan booth yang berisi perusahaan-perusahaan BUMN dan mendatangkan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan potensi magang secara eksklusif.

Ketua BEM UI 2022 Bayu Satria Utomo mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menjadi katalisator bagi para mahasiswa UI yang merupakan generasi muda penerus bangsa.

"Karena kita semua harus menyadari bahwa regenerasi kepemimpinan bangsa itu dimulai dari anak mudanya. Dan sudah barang tentu kita mahasiswa UI perlu memahami bahwa kitalah yang akan memimpin bangsa ke depan,” ujar Bayu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)