Mengenal Fisioterapis Olahraga, Profesi Menjanjikan Bergaji Tinggi dan Kampus Tujuannya

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:58 WIB
loading...
Mengenal Fisioterapis Olahraga, Profesi Menjanjikan Bergaji Tinggi dan Kampus Tujuannya
Ilustrasi fisioterapis olahraga. Profesi ini bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru yang ingin terjun ke dunia olahraga meski bukan menjadi atlet. Foto/SINDOnews/Astra Bonardo.
A A A
JAKARTA - Fisioterapis olahraga memiliki peran penting dalam dunia olahraga . Dengan keahliannya, mereka dapat membantu atlet yang mengalami cedera hingga bisa berlaga kembali. Tak heran gaji yang didapat pun jutaan per bulannya.

Pada musim Piala Dunia seperti saat ini, pastinya kalian sering melihat tenaga medis yang membantu para pemain sepak bola yang terluka dan cedera di lapangan.

Mereka akan segera berlari ke tengah lapangan dengan membawa peralatan kesehatan dan obat-obatan untuk segera membantu pemain sepak bola yang cedera. Jika cederanya ringan, tak butuh waktu lama bagi atlet untuk kembali merumput.

Baca juga: Dies Natalis ke-72 FEB UI, Wapres Dorong Perkuat Sinergi Lintas Sektor

Tahukah kalian, bahwa profesi di bidang olahraga adalah profesi yang menjanjikan? Salah satunya adalah sebagai fisioterapis olahraga yang akan dibahas berikut ini.

Dikutip dari Instagram Ditjen Pendidikan Vokasi @kamivokasi, dosen program studi Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia Lucky Anggiat menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.

Definisi Fisioterapis

Fisioterapis adalah tenaga kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak serta fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan penanganan manual, peningkatan gerak, peralatan fisik (fisik, elektroterapetis, dan mekanis), pelatihan fungsi, dan komunikasi.

Perbedaan Fisioterapis Umum dan Fisioterapis Olahraga

Fisioterapis umum bertugas mengembalikan kondisi pasien hingga dapat melakukan akivitas normalnya seperti duduk, berdiri, berjalan. Sementara fisioterapis olahraga harus berusaha mengembalikan kemampuan olahraga pasiennya seperti melompat, berlari, bahkan hingga mampu kembali berkompetisi.

Prospek Kerja

Baca juga: Dies Natalis ke-72 FEB UI, Alumni hingga Dosen Raih Penghargaan Khusus

Seorang fisioterapis olahraga dapat bekerja di klinik yang menyediakan fasilitas fisioterapis bagi atlet. Selain itu, prospek kerja profesi ini semakin besar karena sudah ada regulasi yang mewajibkan klub-klub nasional di Liga 1 dan Liga 2 untuk memiliki tim medis yang terdiri atas fisioterapis.

Kisaran Gaji

Fisioterapis di klub olahraga biasanya dikontrak per musim. Penghasilannya beragam, yaitu antara Rp4 juta sampai dengan Rp5 juta per bulan.

Perguruan Tinggi yang menyediakan program studi Fisioterapi

Bagi kalian yang tertarik kuliah di jurusan Fisioterapi, jurusan ini banyak tersedia di perguruan tinggi negeri dan swasta. Berdasarkan laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Universitas Esa Unggul Jakarta memiliki jurusan S1 Fisioterapi yang sudah berperingkat Unggul.

Jurusan ini juga tersedia di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Stikes Katolik ST Vincentius A Paulo Surabaya, Stikes Siti Hajar Medan, UKI Jakarta, UPN Veteran Jakarta, dan Universitas Indonesia.

Demikian informasi mengenai profesi fisioterapis olahraga bagi kamu yang tertarik jadi tenaga medis di bidang olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)