BEM FIB UB dan Cetta Online Class Gelar Budaya Mengajar di MI dan MTs Kota Malang

Jum'at, 09 Desember 2022 - 13:19 WIB
loading...
BEM FIB UB dan Cetta Online Class Gelar Budaya Mengajar di MI dan MTs Kota Malang
BEM FIB Universitas Brawijaya (UB) dan Cetta Online Class menggelar pengabdian sosial bertajuk Budaya Mengajar di MI dan MTS Jabal Nur, Kota Malang, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) dan Cetta Online Class menggelar pengabdian sosial dalam bidang pendidikan bertajuk Budaya Mengajar.

Program belajar mengajar yang telah berjalan sejak 10 Desember 2021 hingga 26 November 2022 ini dilaksanakan di MI dan MTS Jabal Nur, Kota Malang, Jawa Timur.



Ketua Pelaksana Budaya Mengajar Fathiyyah Kamila menjelaskan program berisi rangkaian kegiatan berupa kelas motivasi dan cita-cita, materi gaya hidup sehat, kelas literasi, pembelajaran lingkungan hidup, kelas kesehatan, dan kelas bahasa Inggris serta Jepang.

“Kelas motivasi berisi penanaman minat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, anak-anak juga diberikan ilmu pentingnya gaya hidup sehat,” ujar Fathiyyah, Jumat (9/12/2022).

Kemudian, Fathiyyah mengungkapkan apresiasinya atas kolaborasi BEM FIB UB dengan Cetta Online Class. Menurutnya, para tutor Cetta berkontribusi dalam memberikan pembelajaran bahasa asing pada anak-anak MI dan MTS Jabal Nur.



“Selain itu, kegiatan tidak hanya berupa kelas saja tetapi ada juga sesi berkarya, senam, menggosok gigi, eksperimen sains, games, dan sarapan sehat bersama,” jelas Fathiyyah.

Koordinator Divisi Volunteer yang bersinggungan langsung dengan aktivitas Budaya Mengajar Aditya Bima menambahkan bahwa pihaknya merasa beruntung bekerja sama dengan Cetta Online Class.

Dirjen Sosial Masyarakat BEM FIB UB Nadia Putri mengatakan program ini untuk membantu teman-teman agar memiliki pilihan perspektif.

“Ilmu baru yang belum tentu mereka dapat. Meski dampaknya dirasa enggak terlalu besar, kita bisa lebih beraksi,” kata Nadia Putri.

Menurut Nadia, mahasiswa yang terlibat pada kegiatan ini mengungkapkan bahwa mereka senang sekali dengan program yang menyadarkan betapa pentingnya peduli terhadap pendidikan khususnya di daerah terpencil.

“Tidak hanya demi menyelesaikan program kerja, kami merasa ini sangat bermanfaat bagi diri kami juga,” ungkap Nadia.

Kemudian, Menteri Sosial dan Lingkungan BEM FIB UB Cyntia Putri mengungkapkan pihaknya tulus untuk membantu adik-adik di MI dan MTS Jabal Nur, Kota Malang.

Kolaborasi BEM FIB Universitas Brawijaya dan Cetta Online Class terlaksana dengan baik tidak terlepas dari peran aktif para mahasiswa yang kompeten secara teknis, perencanaan, dan eksekusi yang matang.

“Kami mengharapkan program Budaya Mengajar x Cetta ke depannya akan berlanjut,” ujar Cyntia.

Selanjutnya, Perwakilan Dekanat FIB Universitas Brawijaya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini membawa dampak positif dan perlu dilanjutkan agar lebih banyak pihak merasakan manfaat.

Sementara itu, Community Manager Cetta Online Class Fuad mengatakan bahwa kegiatan positif seperti ini harus dilanjutkan bahkan mungkin lebih besar cakupannya

Baginya, kelas-kelas tersebut diadakan untuk mengasah kreativitas dan memperluas wawasan anak-anak di MI dan MTS Jabal Nur.

“Ketika rapat evaluasi, dihadiri pihak Cetta, mahasiswa, dan Dekanat, 1 Desember 2022 kemarin, kami merasakan manfaat tidak hanya untuk para siswa dan guru, namun memberi dampak positif bagi penyelenggara,” ujar Fuad.

Menanggapi keberhasilan program Budaya Mengajar x Cetta, Chief Executive Officer Cetta Online Class Ali Akbar mengungkapkan kegiatan ini sangat butuh dukungan dalam hal apa pun karena mahasiswa punya semangat, idealisme, dan waktu.

Senada dengan itu, Chief Operating Officer Cetta Monica Milan menambahkan bahwa Cetta tidak ingin berhenti berkontribusi hanya di satu sekolah.

“Kita bakal terus mencerdaskan bangsa. Sesuai motto Cetta Online Class, Tanpa Batas, kami rasa nggak boleh ada batasan untuk teman-teman di manapun,” ujarnya.

Menyambung perkataan Monic, President Cetta Online Class Arief Hidayatullah menutup dengan berkata, “Kalian sudah memberikan standar yang baik untuk program pengabdian sosial ini. Harapannya, untuk keberlanjutan kerja sama dengan Cetta, standar ke depan bisa ditingkatkan. Kami terbuka dengan segala rancangan program dan kemungkinan kolaborasi,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)