Bukan Hanya dari IQ! Ini 10 Ciri-ciri Orang Cerdas yang Kadang Tak Disadarinya

Selasa, 06 Desember 2022 - 10:22 WIB
loading...
Bukan Hanya dari IQ! Ini 10 Ciri-ciri Orang Cerdas yang Kadang Tak Disadarinya
Kecerdasan emosional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa untuk meraih prestasi baik pada saat menuntut ilmu maupun bekerja membutuhkan Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi.

Namun, menurut hasil penelitian terbaru di bidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar atau kecerdasan seseorang. Faktanya, ada banyak faktor lain yang mempengaruhinya.

Baca juga: Ini 32 Perusahaan BUMN yang Buka Lowongan di Rekrutmen Bersama Batch 2 2022

Para ahli mengatakan, tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk dianggap sebagai orang yang sangat cerdas. Para ahli mengatakan, ada lebih dari itu, dan banyak orang yang sangat cerdas bahkan tidak menyadari betapa pintarnya mereka sebenarnya.

ÔÇťOrang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan dapat beradaptasi dengan perubahan, mereka berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mereka mampu mengelola emosi mereka secara efektif," Dr. Catherine Jackson, psikolog klinis berlisensi dan ahli saraf bersertifikat.

dr. Catherine menyampaikan seseoramg memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda, termasuk tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. Peneliti telah melihat banyak kesamaan sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas.

Baca juga: Siswa Madrasah Borong 9 Medali di Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022

Misalnya, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, menemukan bahwa orang yang sangat cerdas sebenarnya lebih suka menyendiri.

Ditemukan bahwa orang yang lebih pintar cenderung mengalami kepuasan hidup yang lebih rendah, semakin sering mereka bersosialisasi dengan teman.

Menurut psikologi evolusioner, orang berevolusi menjadi cerdas untuk memecahkan masalah. Jadi mereka yang lebih bahagia sendirian dianggap sangat cerdas karena mereka memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan sendiri tanpa membutuhkan bantuan apa pun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2584 seconds (11.97#12.26)