Bukan Hanya dari IQ! Ini 10 Ciri-ciri Orang Cerdas yang Kadang Tak Disadarinya

Selasa, 06 Desember 2022 - 10:22 WIB
loading...
A A A
6. Berpikiran Terbuka

Orang pintar tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Hammett menulis bahwa orang-orang cerdas “bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas dan terbuka untuk solusi alternatif.

7. Skeptis

Sementara skeptisisme mungkin tampak seperti musuh dari keterbukaan pikiran, kedua sifat itu berjalan beriringan. Kuncinya adalah bersedia mempertimbangkan ide-ide baru, selama didukung oleh fakta-fakta pendukung.

“Pikiran yang cerdas memiliki keengganan yang kuat untuk menerima hal-hal dengan nilai nominal dan karena itu menahan kepercayaan sampai disajikan dengan banyak bukti,” kata Alas.

8. Teliti

Selain, bersikap skeptis, orang cerdas juga biasanya lebih teliti. Orang biasa cenderung berbicara untuk membuktikan siapa mereka, tapi orang cerdas bersikap kebalikannya.

Alih-alih membual tentang prestasi atau memberi tahu orang lain betapa benar pendapatnya, orang cerdas dan jenius biasanya pendiam dan jeli. Mereka juga dapat sangat jeli mengobservasi sesuatu dan membuat kesimpulan yang tepat.

9. Punya Pengendalian Diri yang Baik

Selanjutnya, ciri-ciri orang cerdas dan jenius juga bisa dilihat dari apakah dia memiliki pengendalian diri yang baik atau malah sebaliknya. Pengendalian diri yang baik sama artinya seseorang tahu bagaimana mengendalikan emosinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)