5 Skill yang Wajib Dimiliki Calon Mahasiswa Kedokteran, Komunikatif hingga Detail

Kamis, 15 Agustus 2024 - 13:39 WIB
loading...
5 Skill yang Wajib Dimiliki...
Menjadi mahasiswa kedokteran dituntut memiliki banyak kemampuan. Selain akademis, mahasiswa kedokteran juga dituntut memiliki keahlian lain atau dalam istilah sekarang dinamakan soft skill.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 skill yang wajib dimiliki calon mahasiswa kedokteran. Jurusan kuliah kedokteran menjadi program studi incaran banyak calon mahasiswa. Masa depan lulusan kedokteran yang cukup menjanjikan di Indonesia menjadi alasan utama kenapa prodi kedokteran banyak diminati calon mahasiswa.

Hanya saja, menjadi mahasiswa kedokteran dituntut memiliki banyak kemampuan. Selain kemampuan akademis, mahasiswa kedokteran juga dituntut memiliki keahlian lain atau dalam istilah sekarang dinamakan soft skill. Dikutip dari Instagram @masukdokter, artikel kali ini akan membahas daftar 5 skill yang wajib dikuasai mahasiswa kedokteran, simak ya!

5 Skill yang Wajib Dimiliki Oleh Calon Mahasiswa Kedokteran


1. Passion


Passion disini dapat diartikan sebagai semangat yang menjadi modal awal bagi calon dokter saat menempuh pendidikan. Sebab, perlu dipahami untuk memulai profesi sebagai dokter akan banyak kegiatan dan praktek yang harus dilakukan. Skill yang satu ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa kedokteran agar tidak terputus kuliah di tengah jalan.

2. Komunikatif


Tugas utama bagi seorang dokter tak hanya mendengarkan keluhan pasien lalu meresepkan obat, lebih dari itu banyak tugas-tugas dokter yang lainnya. Skill komunikatif ini sangat diperlukan karena seorang dokter akan menyampaikan ilmu dan menganalisa penyakit yang diderita oleh pasien.


3. Cekatan


Sejak dibangku kuliah mahasiswa kedokteran akan dituntut untuk bisa bertindak dan berpikir dengan cara yang tepat. Ketelitian seorang dokter, dan keterampilan tangan serta kesiapan dalam melakukan tindakan sangat dibutuhkan.

4. Detail


Selain cekatan, seorang dokter juga harus bisa bekerja dengan sangat detail seperti meresepkan obat yang akan dikonsumsi pasiennya. Kemampuan detail dapat membantu seorang dokter untuk mendiagnosa penyakit dengan tepat agar tidak salah dan berbahaya.

5. Rasa Kepedulian


Misi utama menjadi seorang dokter adalah menolong dan menyembuhkan orang lain, maka dari itu sifat kepedulian sangat dibutuhkan bagi seorang dokter. Skill yang satu ini akan menjadi modal utama bagi seorang dokter dalam mengembakang kariernya agar disukai banyak orang.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)