10 Stand Up Comedian Indonesia dari Jebolan Universitas Negeri Terbaik, Nomor 1 dan 2 Tak Disangka

Senin, 12 Desember 2022 - 20:28 WIB
loading...
10 Stand Up Comedian Indonesia dari Jebolan Universitas Negeri Terbaik, Nomor 1 dan 2 Tak Disangka
Cak Lontong, Stand Up Comedian Indonesia lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Karier seseorang yang tidak berkaitan dengan jurusan kuliah tentunya sangat banyak ditemukan di negeri ini. Hal tersebut kerap terjadi di kalangan siapa saja, bahkan pesohor sekalipun.

Beberapa komedian Tanah Air ini misalnya. Mereka pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri terbaik, tapi tidak menekuni profesi sesuai jurusan.



Berikut 10 komedian Indonesia lulusan perguruan tinggi negeri yang justru mengambil profesi tidak sesuai jurusan saat kuliah:

1. Dodit Mulyanto

Jebolan stand up comedy Indonesia musim empat ini awalnya muncul di layar televisi dengan membawakan lawak yang dipadu musik biola. Meski begitu, Dodit sebetulnya adalah mantan mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

2. Cak Lontong

Cak Lontong sebenarnya adalah lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dia mengawali karier sebagai komedian grup Ludruk Cap Toeoe Surabaya. Cak Lontong mulai dikenal dengan nama bekennya sekarang setelah berada di program televisi Republik BBM, Indonesia Lawak Club, dan menjadi juri Stand Up Comedy Indonesia.



3. Raditya Dika

Penulis, komika, aktor, sutradara, dan kreator konten Raditya Dika pernah menempuh dua gelar pendidikan yang semuanya tidak berkaitan dengan pekerjaannya saat ini. Penulis Kambing Jantan tersebut adalah alumnus Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) dan jurusan Finance University of Adelaide Australia.

4. Babe Cabiita

Babe Cabiita atau yang nama aslinya Priya Prayogha Pratama ini adalah pemenang stand up comedy Indonesia musim tiga. Dia dulunya adalah mahasiswa Administrasi Negara Universitas Sumatra Utara (USU). Selain berprofesi sebagai komedian, Babe juga menjadi aktor film komedi, kreator konten, dan brand ambassador.

5. Ernest Prakasa

Masih dari alumnus stand up comedy Indonesia, Ernest Prakasa adalah lulusan jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad). Selain menjadi seorang komika, Ernest juga tekun sebagai sutradara, penulis skenario, produser film, dan penulis buku.

6. Pandji Pragiwaksono

Seperti halnya Cak Lontong, Pandji juga lulusan bidang teknik. Dia adalah mantan mahasiswa Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah meniti karier sebagai penyiar radio dan bintang reality show, dia menjadi juri dan pembawa acara stand up comedy Indonesia, kreator, sutradara, penulis, aktor, dan lain sebagainya.

7. Bayu Skak

Komedian, aktor, dan sutradara asal Malang ini adalah mantan siswa SMK Negeri 4 Malang. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan tinggi di program studi Game Animasi Universitas Negeri Malang (UM). Selain berbagai video YouTube, sejumlah karya yang pernah dihasilkannya adalah film Yowis Ben dan Lara Ati.

8. Kiky Saputri

Mengutip dari laman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kiky adalah alumnus prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saat masih kuliah, dia memiliki panggilan akrab Bocil (bocah cilik). Komedian ini juga dikenal menjadikan berbagai tokoh pejabat dalam materi lawakannya.

9. Bene Dion

Bene Dion merupakan finalis stand up comedy Indonesia season 3. Ketika berkompetisi, ia menceritakan kehidupannya menjadi orang batak sebagai materi stand up. Pertemuannya dengan stand up comedy terjadi ketika menempuh kuliah teknik industri di UGM dan lulus sebagai sarjana teknik.

Selain menjadi komika, Bene Dion juga terjun dalam dunia perfilman. Ia terlibat sebagai pemain, penulis naskah, konsultan komedi, sampai menduduki kursi sutradara film layar lebar. Beberapa film yang dikerjakannya antara lain Cek Toko Sebelah, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! dan Ghost Writer.

10. Irvan Karta

Irvan Kartawiria atau Irvan Karta merupakan komika sekaligus dosen Swiss German University (SGU). Beliau sendiri adalah lulusan teknik kimia ITB.

Ia mengenal stand up comedy pada tahun 2012 melalui komunitas stand up comedy di Tangerang. Irvan Karta terkenal dengan materi sains yang dikemas sederhana tetapi mudah dicerna oleh orang awam. Berkat kemampuannya membuat joke memudahkannya mengajarkan materi kuliah kepada mahasiswa. Sedangkan dalam stand up comedy, ia merupakan finalis dari stand up comedy Indonesia season 6 lewat jalur special hunt.

Itulah beberapa komedian tanah air yang berasal dari lulusan perguruan tinggi negeri, tapi justru terjun ke profesi berbeda dengan jurusan yang diambil.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)