Apa itu Tes Kompetensi Dasar dan Akhlak BUMN? Simak Penjelasannya

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:14 WIB
loading...
Apa itu Tes Kompetensi Dasar dan Akhlak BUMN? Simak Penjelasannya
Tes Kompetensi Dasar dan Akhlak BUMN menjadi salah satu tahapan yang akan dilalui para pendaftar rekrutmen BUMN 2022. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tes Kompetensi Dasar dan Akhlak BUMN menjadi salah satu tahapan yang akan dilalui para pendaftar rekrutmen BUMN 2022. Sebelumnya, Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2 telah menyelesaikan masa pendaftarannya yang dimulai dari 1 Desember hingga 7 Desember 2022.

Para peserta yang telah mendaftar perlu menunggu pengumuman terlebih dahulu untuk mengetahui keberlanjutan proses rekrutmen dan lanjut ke tahap selanjutnya.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi, Mahasiswa APERTI BUMN Ditantang Ikut Pertukaran Mahasiswa

Mengutip keterangan dari laman resmi Rekrutmen BUMN 2022, Rabu (14/12/2022), Tes Kompetensi Dasar dan AKHLAK masuk dalam tahap Online Tes pertama. Adapun tahap ini adalah lanjutan dari tahapan Registrasi Online.

Nantinya, bagi pendaftar yang berhasil lolos seleksi administrasi akan berhak mengikuti tahapan tersebut. Melihat jadwal yang tertera, tahap Tes Kompetensi Dasar dan AKHLAK ini akan berlangsung pada 21 Desember hingga 28 Desember 2022.

Sebelum lebih jauh lagi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Tes Kompetensi Dasar dan AKHLAK ini? Simak penjelasannya!

Secara umum, Tes Kemampuan Dasar atau biasa disebut TKD merupakan tes yang ditujukan guna mengetahui kemampuan dasar calon pelamar, seperti tes verbal, numerik, wacana, dan sejenisnya.

Baca juga : Hasil Rekrutmen Bersama BUMN Diumumkan, Cek Email untuk Jadwal Tes Lanjutan

Sementara tes AKHLAK ini adalah tes untuk mengukur kemampuan dalam memahami core values BUMN yang meliputi 6 aspek, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

-Amanah berarti memegang teguh kepercayaan yang diberikan.
-Kompeten berarti terus belajar untuk mengembangkan kapabilitas.
-Harmonis berarti saling peduli dan menghargai perbedaan.
-Loyal berarti berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara.
-Adaptif berarti terus berinovasi dan antusias menghadapi perubahan.
-Kolaboratif berarti membangun kerjasama yang sinergis.

Demikian ulasan mengenai pengertian dari Tes Kemampuan Dasar dan AKHLAK BUMN yang menjadi salah satu tahapan dalam proses Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)