Unair Naik Peringkat di UI GreenMetric World University Ranking 2022

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:42 WIB
loading...
Unair Naik Peringkat di UI GreenMetric World University Ranking 2022
UI Greenmetric World University Ranking 2022 telah menetapkan Unair sebagai peringkat 10 dalam pemeringkatan secara nasional. Foto/Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga ( Unair ) mengalami kenaikan peringkat di UI GreenMetric World University Ranking 2022 . UI GreenMetric merupakan satu-satunya pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia.

UI GreenMetric World University Ranking 2022 telah menetapkan Unair sebagai peringkat 10 dalam pemeringkatan secara nasional. Pada 2021, Unair berada pada peringkat ke-12 tingkat nasional, dan 139 tingkat dunia pada pemeringkatan perguruan tinggi skala global yang bergerak dalam bidang berkelanjutan tersebut. Posisi itu sekaligus menjadikan salah satu PTN-BH ini berhasil menduduki posisi ke-83 di tingkat dunia.

Baca juga: 5 Perbedaan Magang, Freelance dan Part-Time, Kenali dan Pahami!

Penilaian UI GreenMetric mengacu pada enam indikator yaitu pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, serta pendidikan dan penelitian. Direktur Logistik, Keamanan, Ketertiban dan Lingkungan Unair Dr Karnaji menyebutkan, adanya kenaikan indikator penilaian yang didapatkan kampusnya. Total skor 7600 pada tahun 2021, kini meningkat mencapai 8275. Skor itu juga diikuti dengan peningkatan skor indikator energi sebanyak 725 poin, serta indikator pendidikan dan penelitian sebanyak 50 poin.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tersebut juga menyatakan bahwa peningkatan skor ini tak lepas dari peran serta seluruh warga kampus dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan di area kampus.

Baca juga: Dosen Unesa Ungkap 4 Faktor Pemicu Fenomena Gangster di Kalangan Remaja

Raihan itu menjadi cerminan atas peningkatan kualitas dalam usaha Unair dalam mengelola lingkungan. “Semoga kabar baik ini mampu memotivasi seluruh sivitas akademika untuk terus menjadi yang terbaik dalam upaya peningkatan pembangunan berkelanjutan,” harapnya, dikutip dari laman Unair, Kamis (15/12/2022).

Capaian ini juga menjadi buah dari dedikasi yang selama ini dilakukan PTN yang dipimpiun Rektor Unair Prof Nasih dalam menciptakan program yang berfokus kepada Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya mengenai lingkungan hidup. Program tersebut di antaranya yaitu peningkatan penggunaan renewable energy, pengolahan air limbah domestik, dan juga perluasan ruang terbuka hijau.

Selanjutnya, Unair juga berfokus pada pengurangan gas rumah kaca melalui peralihan alat-alat elektronik yang ramah lingkungan, serta pengadaan berbagai kegiatan kampanye dan sosialisasi yang dilakukan secara rutin.

Unair akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kontribusi terhadap lingkungan. “Kami berencana untuk menambah daya energi tenaga surya, penambahan jumlah mobil golf listrik, dan meningkatkan pengelolaan sampah serta ruang terbuka hijau,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5592 seconds (0.1#10.140)