Mudah Cari Kerja dan Bergaji Tinggi, Ini 10 Bahasa Asing yang Wajib Dikuasai

Jum'at, 16 Desember 2022 - 11:34 WIB
loading...
Mudah Cari Kerja dan Bergaji Tinggi, Ini 10 Bahasa Asing yang Wajib Dikuasai
Berikut 10 bahasa asing yang wajib dikuasai jika ingin dilirik oleh HRD dan juga untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Calon pegawai yang menguasai lebih dari satu bahasa banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan kemampuan yang tak semua orang bisa ini, perusahaan pun akan berani memberikan gaji tinggi.

Di dunia memang ada ribuan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Namun Bahasa Inggrislah yang menjadi bahasa global yang dipakai masyarakat dunia. Namun apakah cukup dengan menguasai Bahasa Inggris untuk direkrut perusahaan besar bergaji tinggi?

Memiliki kemampuan Bahasa Inggris memang menjadi kunci untuk diterima oleh HRD. Namun bahasa Inggris sebagai bahasa internasional ini bukan satu-satunya senjata untuk mendapatkan pendapatan lebih.

Maka dari itu, bagi kalian yang ingin mendapatkan gaji tinggi dan memiliki jenjang karier lebih tinggi maka Anda tetap membutuhkan bahasa asing lain yang selaras dengan perusahaan yang kalian incar.

Baca juga: Rektor IPB Raih Anugerah Academic Leader dari Kemendikbudristek

Begitu pun ketika kalian mau melanjutkan kuliah di luar negeri, yang sebagian besar masyarakatnya menggunakan bahasa ibu mereka, yang bukan bahasa Inggris. Maka dari itu, kalian perlu mencoba menguasai berbagai bahasa asing lainnya.

Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 10 bahasa asing yang wajib kalian kuasai baik untuk dunia kerja dan juga melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

1. Bahasa Jerman

Bahasa Jerman juga merupakan bahasa terpenting kedua di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan. Hal ini karena Jerman menempati peringkat ketiga untuk kontribusi di bidang litbang, serta menyediakan banyak beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing. Selain itu, bahasa Jerman juga menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa.

Apakah kamu sudah tahu? Jerman dikenal dengan sistem pendidikannya yang maju dan banyak memiliki program sekolah atau kuliah gratis untuk pelajar dari luar negeri, loh! Maka dari itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jerman, sangat penting untuk belajar dan menguasai bahasa Jerman, ya.

2. Bahasa Korea

Tidak hanya kebudayaan Jepang yang semakin mencuri perhatian, Korea juga tidak kalah populernya, loh! Mulai dari musik, film, tari, makanan, hingga bahasanya hingga banyak orang tertarik untuk belajar budaya Korea, bahkan sampai berkunjung ke negeri ginseng tersebut.
Jika kamu termasuk salah satunya, belajar bahasa Korea bisa jadi awal yang bagus karena dari belajar bahasa, kita juga akan belajar budayanya. Selain itu, belajar bahasa Korea membuat kita menjadi lebih mudah untuk mempelajari bahasa asing lainnya yang masih serupa, seperti bahasa Jepang atau Mandarin, karena ketiga bahasa ini memiliki beberapa kemiripan.

3. Bahasa Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang populer di dunia. Banyak orang ingin mempelajari kebudayaan dan bahasanya. Tahukah kamu, bahasa Jepang masuk ke peringkat lima belas besar di antara bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, loh! Bahasa ini juga diajarkan di sebagian besar sekolah di Asia, bersaing dengan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

Oleh karena kepopulerannya, banyak orang tertarik untuk mengikuti kursus bahasa Jepang. Dengan mempelajari bahasa ini, secara tidak langsung, kamu akan belajar budaya Jepang. Belajar bahasa Jepang juga dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa, meningkatkan karier, koneksi, dan pengetahuan baru.

4. Bahasa Mandarin

Saat ini sudah menjamur lembaga yang menyediakan kursus bahasa Mandarin. Tidak heran karena bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa dengan predikat paling banyak digunakan, yaitu lebih dari 1 miliar orang.

Baca juga: Universitas Pertamina Gelar Diskusi, Kiat para Ahli Hadapi Era Digital

Dalam bidang ekonomi, China menjadi negara superior yang punya pengaruh besar, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan China. Oleh karena itu, orang-orang dengan kemampuan bahasa Mandarin sangat dibutuhkan.

Selain itu, mengingat kita tinggal di negara yang multikultural dan memiliki penduduk Tionghoa yang cukup banyak, tidak ada salahnya bila kamu mempelajari bahasa ini. Tentunya, keahlian bahasa Mandarin bisa menunjang prospek kita, tidak hanya di dunia pekerjaan, tapi juga dalam pertemanan.

5. Bahasa Prancis

Bahasa Prancis sudah menjadi bahasa yang populer secara internasional dan tidak akan pernah pudar penggunaannnya. Pasalnya, bahasa ini digunakan di lima benua dan ditetapkan sebagai bahasa resmi oleh PBB.
Bahkan, lebih banyak pengguna bahasa Prancis di benua Afrika dibandingkan dengan negara Prancis itu sendiri. Istilah-istilah yang menggunakan bahasa Prancis juga sering kali muncul di sekitar kita.

6. Bahasa Belanda

Bahasa asing yang wajib dikuasai selanjutnya adalah bahasa Belanda. Kenapa kamu harus belajar bahasa Belanda?
Di bidang pendidikan, Belanda mendapatkan peringkat yang sangat baik. Belanda mendapatkan predikat negara terdidik ketiga di dunia oleh World Economic Forum. Institusi perguruan tinggi di Belanda juga tidak kalah berkualitasnya, seperti Technische Universiteit Delft, University van Amsterdam, Universiteit Utrecht, dan masih banyak lagi.

Dengan menguasai bahasa Belanda, tidak hanya memudahkan kamu untuk melanjutkan studi di sana, tapi juga memperluas pertemanan, serta berkomunikasi dengan warga sekitar.

7. Bahasa Rusia

Bahasa Rusia merupakan bahasa resmi PBB, namun sayangnya, belum banyak diajarkan di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Padahal, menguasai bahasa Rusia banyak manfaatnya. Saat ini, Rusia merupakan negara ke-9 yang paling banyak dikunjungi karena panorama alamnya yang indah, juga beragam tempat wisatanya.

Selain itu, perguruan tinggi di Rusia tidak kalah berkualitasnya dengan perguruan tinggi di Eropa. Institusi pendidikan tinggi Rusia sangat terkenal dengan program seni, sains, bahkan matematikanya, loh! Jadi, jika kamu tertarik, nggak ada salahnya untuk kamu belajar bahasa Rusia.

8. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol bukan hanya digunakan di negara Spanyol dan Meksiko. Lebih dari 400 juta orang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama, dan sekitar 20 negara menetapkan bahasa ini sebagai bahasa resmi.
Selain itu, bahasa Spanyol merupakan salah satu dari 6 bahasa resmi PBB.

Oleh sebab itu, bahasa Spanyol banyak dipilih sebagai bahasa yang utama dipelajari bagi mereka yang ingin menjadi bilingual. Bahasa Spanyol juga mirip dengan bahasa Italia dan bahasa Portugis. Kalau kalian sudah akrab dengan bahasa tersebut, lebih mudah lagi untuk mempelajari bahasa lain, seperti bahasa Italia atau Portugis.

9. Bahasa Arab

Bukan hanya salah satu bahasa yang paling tua di dunia, bahasa Arab juga masih relevan penggunaannya sampai saat ini. Sejak tahun 1974, bahasa Arab ditetapkan sebagia bahasa resmi PBB. Belum lagi, bahasa ini merupakan bahasa kitab suci Al-Quran. Kalau kamu menghadapi mata pelajaran yang menggunakan bahasa Arab di sekolah atau kampus, tentunya akan lebih mudah apabila kamu fokus mempelajarinya.

10. Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahasa Inggris paling banyak digunakan sebagai bahasa resmi di negara-negara dunia karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris juga sudah menjadi salah satu mata pelajaran utama yang kamu pelajari sejak menginjak bangku sekolah.

Dengan menguasai bahasa Inggris bisa membuka peluang kamu untuk bersekolah di luar negeri atau mengikuti pertukaran pelajar. Kamu bisa juga belajar bahasa Inggris di luar sekolah, supaya belajar di kelas terasa lebih mudah.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4326 seconds (0.1#10.140)