10 Jurusan Favorit di Harvard University, Kampus Nomor 1 Dunia Paling Diincar Calon Mahasiswa

Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:44 WIB
loading...
10 Jurusan Favorit di Harvard University, Kampus Nomor 1 Dunia Paling Diincar Calon Mahasiswa
Harvard University, Amerika Serikat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Harvard University , Amerika Serikat, selalu menjadi kampus buruan calon mahasiswa, termasuk pelajar Indonesia. Saat ini, Harvard University merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di dunia.

Sedikitnya ada 10 jurusan kuliah paling favorit di Harvard University, Amerika Serikat, yang bisa diketahui calon mahasiswa.



Bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di universitas tersebut tentu harus memahami jurusan kuliah favorit agar tidak mengalami salah jurusan.

Berikut 10 jurusan paling favorit di Harvard University berdasarkan penelusuran tim SINDOnews:

1. Social Sciences, General (Ilmu Sosial)

Pada tahun 2020, Harvard University meluluskan sebanyak 558 gelar sarjana ilmu sosial. Karena itu perguruan tinggi ini menempati peringkat 42 terkait dengan prodi dan gelar tersebut.



Sementara itu Harvard juga meraih peringkat 22 terkait kelulusan gelar Magister dan peringkat 2 untuk gelar Doktor di Amerika Serikat.

2. Biology/Biological Sciences, General (Biologi/Ilmu Biologi)

Jurusan ini meluluskan sebanyak 211 gelar sarjana dalam ilmu biologi pada tahun 2020. Sehingga jurusan ini menempati peringkat 49 Amerika Serikat dalam popularitasnya.

Harvard University juga meluluskan 206 mahasiswa bergelar magister sehingga menempati peringkat 12 dunia. Sedangkan untuk gelar Doktor sebanyak 227 siswa diluluskan dan meraih peringkat pertama dalam kategori Jurusan Ilmu Biologi terpopuler di Amerika Serikat di tahun yang sama.

3. Mathematics, General (Matematika)

Sebanyak 65 sarjana lulus di prodi matematika ini dan membuat Harvard University menduduki peringkat 89 Amerika Serikat terkait jurusan tersebut pada tahun 2020.

Pada tahun yang sama, perguruan tinggi ini juga mendapat peringkat 235 untuk gelar magister dan peringkat 44 untuk gelar Doktor terkait jurusan matematika ini.

4. Computer and Information Sciences, General (Ilmu Komputer dan Informasi)

Selama tahun akademik 2019-2020, Harvard University meluluskan 190 gelar sarjana di bidang ilmu komputer dan informasi. Karena itu, sekolah tersebut menduduki peringkat 115 dalam popularitas dari semua perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan gelar dan prodi ini.

Sebanyak 111 mahasiswa menerima gelar magister sehingga membuat Harvard University berada di posisi 100 dan untuk gelar Doktor Perguruan tinggi ini berada di urutan 40 setelah meluluskan 18 mahasiswanya.

5. History, General (Sejarah)

Harvard University meluluskan sebanyak 145 gelar sarjana dalam bidang sejarah. Sehingga menduduki peringkat 6 dalam popularitas dari semua perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan prodi dan gelar ini di Amerika Serikat pada tahun 2020.

Sebanyak 44 siswa gelar magister juga diluluskan dan memperoleh peringkat ke 10 terkait jurusan sejarah S2. Selain itu, 20 gelar doktor juga diluluskan sehingga mendapat peringkat 5 untuk jurusan sejarah S3 terpopuler di Amerika Serikat.

6. Anthropology (Antropologi)

Di Universitas Harvard, Anthropology merupakan jurusan yang menyediakan 3 program yaitu program sarjana (S1), program kelulusan (S2), dan program doktor (S3). Di kampus ini, Departemen Antropologi dibagi menjadi dua program yaitu Arkeologi dan Antropologi Sosial.

Secara umum, antropologi adalah ilmu yang memelajari segala hal mengenai seluk beluk, unsur, kebudayaan dalam kehidupan manusia. Ilmu antropologi mencakup begitu banyak bidang dan sangat luas.

7. Studi Seni, Film, dan Visual

Art, Film, and Visual Studies (AFVS) merupakan salah satu jurusan di Harvard University. Berbeda dengan jurusan anthropology dan applied mathematics, jurusan AFVS ini justru hanya menyediakan satu program sarjana.

Dengan kata lain, belum ada program S2 dan S3 di Universitas Harvard. Dalam jurusan AFVS, mahasiswa berfokus untuk mengembangkan keterampilan baik dalam praktik dan studi kritis seni visual.

Terdapat 3 bidang fokus yang berbeda di jurusan ini yang tentunya dengan persyaratan yang berbeda. 3 bidang fokus tersebut antara lain Seni studio, Pembuatan film/video, dan Studi film dan visual.

8. Economics (Ekonomi)

Ekonomi merupakan salah satu jurusan populer tidak hanya di Universitas Harvard, bahkan universitas manapun di dunia. Perekonomian merupakan bidang yang memegang peran krusial secara internasional.

Oleh karena itu, ilmu ekonomi akan menjadi ilmu yang selamanya mungkin akan bermanfaat dan berguna bagi dunia. Di Universitas Harvard, jurusan ini tersedia untuk 3 program yaitu program sarjana (S1), program doktor (S3) dan program Bachelor of Liberal Arts.

Ekonomi adalah ilmu sosial yang mencakup materi pelajaran yang luas dalam upaya memahami dunia sosial. Ilmu ekonomi memelajari perilaku sistem sosial seperti pasar, perusahaan, legislatif, dan keluarga, sebagai hasil interaksi melalui institusi antara individu yang mengarah pada tujuan.

9. Jurusan Statistik

Universitas Harvard menyediakan program S1 dan S3 untuk jurusan statistics. Apabila kamu tertarik memelajari data, maka statistika adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Statistika adalah ilmu yang memelajari tentang bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data.

Statistika adalah cabang disiplin ilmu dari matematika yang berfokus pada pengumpulan data dan analisis data, pembuatan keputusan rasional di bawah ketidakpastian, dan pemodelan keacakan dalam setiap penyelidikan kuantitatif, termasuk sosial, alam, dan Ilmu Medis.

Tujuan dasar dari konsentrasi dalam Statistik adalah untuk membantu mahasiswa memperoleh alat konseptual, komputasi, dan matematika untuk mengukur ketidakpastian dan memahami data kompleks yang timbul dari banyak aplikasi, termasuk cara mengumpulkan data tersebut secara statistik.

10. Astrophysics (Ilmu astrofisika)

Jurusan ini mempelajari mengenai Ilmu astrofisika melibatkan studi materi dan radiasi di alam semesta seperti yang dipahami melalui hukum fisika. Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai fenomena melalui program kursus observasional dan teoritis.

Program ini dibangun dari dasar fisika modern ke penjelasan umum tentang isi alam semesta yang diketahui. Astrofisika di Universitas Harvard menawarkan konsentrasi pendidikan bersama dengan departemen lain.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6825 seconds (0.1#10.140)