Stadium General STAIN Madina, Mahasiswa Agent Moderasi Beragama

Minggu, 18 Desember 2022 - 06:00 WIB
loading...
Stadium General STAIN Madina, Mahasiswa Agent Moderasi Beragama
Ratusan mahasiswa mengikuti Stadium General STAIN Madina pada Sabtu (17/12/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Civitas Akademika mempunyai kapasitas intelektual di atas rata-rata masyarakat, karenanya harus menjadi desiminator dan agent moderasi beragama di tengah menjamurnya intoleransi dan radikalisme.

Hal itu dikatakan Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Ruchman Basori pada Stadium General STAIN Madina pada Sabtu (17/12/2022).



Mengutip Alvara Riset, Ruchman mengatakan data-data riset cukup mengkhawatirkan dalam hal intoleransi dan radikalisme. 39% mahasiswa disinyalir telah terpapar radikalisme.

Sementara data Lembaga Survey Imdonesia pada Juli 2018, menyatakan bahwa dalam 13 tahun pendukung Pancasila menurun 13 persen dari 85,2% (2005) menjadi 75,3% (2018). Padahal Pancasila menjadi perekat Indonesia yang beragama.

Mantan Aktivis ’98 ini menegaskan mahasiswa PTKI harus tumbuh menjadi manusia Indonesia yang berkualitas dan mempunyai pemahaman keagamaan yang inklusif dan moderat. “Kita ingin mahasiswa dan dosen STAIN Madina aktif menebarkan Islam yang terbuka dan damai dalam wadah negara bangsa,” katanya.



Ruchman Basori juga mengajak kepada para dosen untuk mengembangkan karier dosen berupa mengurus pangkat akademik sebagai simbol kualitas dan kapasitas. “Pangkat akademik tertinggi dosen buka Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Kajur, tetapi menjadi Guru Besar,” kata kandidat doctor Universitas Negeri Semarang ini.

Peserta Studium sangat antusias mendengarkan uraian yang tajam akan pelbagai tantangan peluang menghadapi era 4.0 dan 5.0 dan menyambut Indonesia Emas 2045. “Kita harus berbenah menyiapkan diri menjadi manusia yang berkualitas dengan terus mengembangkan talenta kita di era persaiangan ini,” papar Ruchman.

Tidak lupa Ruchman Basori mengingatkan kepada civitas STAIN Madina yang hadir untuk tidak sekedar menuju transformasi kelembagaan, namun harus mengisinya dengan ketersediaan SDM yang unggul dan kompetitif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)