UII Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Ada Jalur Rapor dan Prestasi

Rabu, 21 Desember 2022 - 08:05 WIB
loading...
UII Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Ada Jalur Rapor dan Prestasi
Universitas Islam Indonesia (UII) membuka penerimaan mahasiswa baru pada 20 Desember 2022 hingga 28 Juli 2023. Foto/Okezone.
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Indonesia ( UII ) resmi membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2023-2024 pada 20 Desember 2022 hingga 28 Juli 2023. UII membuka empat jalur masuk bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin menempuh studi di UII.

Perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di DI Yogyakarta, Jawa Tengah ini menyediakan 26 Program Studi Sarjana (S1), tiga Program Studi Sarjana Terapan (DIV), dan satu Program Studi Diploma (DIII). UII membuka empat jalur masuk yakni Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Seleksi Berbasis Rapor (Siber).

Ketua Umum Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII Dr. Drs. Rohidin menjelaskan, PMB UII dibuka dengan pendaftaran jalur CBT di kampus UII dan jalur Seleksi Berbasis Rapor (Siber). Kemudian secara bertahap pendaftaran akan dibuka untuk dua jalur seleksi lainnya.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bekerja di Kementerian BUMN

Untuk pola seleksi CBT di Kampus UII dan sekolah mitra kembali dapat dilaksanakan seiring pandemi Covid-19 yang semakin terkendali,” imbuh Rohidin yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni UII tersebut, dikutip dari laman UII, Rabu (20/12/2022).

Pola seleksi CBT merupakan tes berbasis komputer yang diselenggarakan di Kampus Terpadu UII serta sekolah mitra UII di beberapa kota di Indonesia. Hasil dari pola seleksi ini dapat diketahui segera setelah tes rampung oleh para peserta.

Sementara PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis di sekolah mitra UII yang berada di berbagai daerah, utamanya di luar wilayah Yogyakarta. Tidak hanya itu, sebagai entitas global, UII juga membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dari negara lain yang berminat menuntut ilmu di UII.

Ia juga menambahkan, pola seleksi Siber yang diinisiasi UII di kala pandemi Covid-19, tetap akan dipertahankan mengingat pola ini terbukti efektif dan memfasilitasi kemudahan bagi pendaftar dalam mengikuti proses seleksi dengan memasukkan nilai rapor secara daring.

Baca juga: Putra Presiden Turki Sambangi Kampus UGM, Ada Apa?

“UII memberikan kesempatan kepada pendaftar yang memiliki bakat dan kemampuan akademik yang unggul dengan memberikan beasiswa melalui pola seleksi PSB. Seleksi ini dilakukan melalui asesmen prestasi bidang akademik atau minat-bakat yang dimiliki siswa. Para calon mahasiswa difasilitasi melalui pola seleksi PSB Beasiswa Hafizah Hafiz, PSB Beasiswa Santri, PSB Beasiswa Duafa, PSB Beasiswa Atlet & Seni, serta PSB Beasiwa KIP,” terangnya.

Proses pendaftaran PMB UII dilaksanakan sampai dengan 28 Juli 2023. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal pada masing-masing pola seleksi dapat dibaca lebih lanjut melalui pmb.uii.ac.id.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)