Siswa SMK Kesehatan Ciptakan Pelembab Bibir Berbahan Herbal, Kualitas Tak Kalah dari Pabrikan

Rabu, 21 Desember 2022 - 09:20 WIB
loading...
Siswa SMK Kesehatan Ciptakan Pelembab Bibir Berbahan Herbal, Kualitas Tak Kalah dari Pabrikan
Sejumlah siswa SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta berhasil membuat (Lip Tine) pelembab bibir berbahan ramah lingkungan. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Sejumlah siswa SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta berhasil membuat (Lip Tine) pelembab bibir berbahan ramah lingkungan. Mereka berhasil menciptakan pelembab bibir yang aman digunakan karena berbahan dasar herbal yaitu buah naga dan lidah buaya.

Mereka berhasil meramu bahan-bahan alami tersebut sebagai pelembab bibir. Bahkan selain tidak mengandung bahan kimia, produk yang mereka hasilkan ternyata mengandung vitamin E. Vitamin ini berfungsi yang sebagai pengawet dan antioksidan atau pencegahan-pencegah kerusakan sel.



"Kalau warnanya kami menggunakan kayu secang,"kata siswa kelas X jurusan Farmasi SMK Kesehatan Bina Tama, Selasa (20/12/2022).

Ide awal mereka membuat Lip Tine yang digunakan untuk remaja dan anak-anak yang ramah lingkungan dan cocok untuk usia mereka. karena selama ini kebanyakan lip tint hanya dikhususkan untuk orang dewasa.

Karenanya mereka kemudian berpikir bagaimana membuat lips Tine yang cocok untuk remaja dan anak-anak. Akhirnya mereka memutuskan membuat lips tine yang menggunakan bahan herbal dan tentu akan menyehatkan bagi pwnggunanya.



"Kami menggunakan bahan alami agar bisa untuk anak-anak juga. Harga jual 12.000 perpicisnya. Ini dibuat di laboratorium sekolah,"terangnya.

Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama, Nuri Hastuti mengatakan siswa di SMK ini memang dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan diri. Di sisi lain, para guru juga diminta untuk lebih inovatif dalam memberikan pelayanan pembelajaran sehingga sekolah tetap berprestasi dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada sekarang ini.

Oleh karena itu, dalam peringatan Hari Ulang Tahun SMK Kesehatan Binatama ke-10 Tahun 2022 dilaksanakan pada Selasa (20/12/2022). Pada HUT tahun ini, SMK Kesehatan Binatama mengadakan lomba expo inovasi herbal di mana para siswa diminta menampilkan produk karya mereka yang berbahan herbal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)