5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Melanjutkan Profesi Polisi

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:47 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Melanjutkan Profesi Polisi
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang cocok untuk melanjutkan profesi polisi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang cocok untuk melanjutkan profesi polisi . Menjadi seorang polisi tidak hanya melalui AKPOL tetapi juga melalui jurusan kuliah tertentu.

Dikutip dari penerimaan.polri.go.id, untuk menjadi seorang polisi setelah kuliah bisa melalui program SIPSS, yang akan dibuka setiap tahunnya. SIPSS merupakan program pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan perwira polisi yang bersumber dari lulusan sarjana umum.

Baca juga : Jurusan Kuliah para Presiden Indonesia

Berikut lima jurusan kuliah yang cocok untuk melanjutkan profesi kepolisian melalui SIPSS.

1. Jurusan Kedokteran umum atau spesialis

Dalam institusi kepolisian biasanya lulusan kedokteran ditugaskan untuk menangani masalah kesehatan pada seorang narapidana maupun dibutuhkan dalam tindakan forensik dengan mengidentifikasi korban.

Selain itu, para lulusan dari kedokteran umum maupun spesialis bisa juga ditempatkan pada rumah sakit khusus polri atau dikenal dengan rumah sakit Bhayangkara.

2. Psikologi

Jurusan Psikologi juga sering dibutuhkan dalam institusi polri. Jurusan ini biasanya akan ditempatkan pada lembaga pendidikan polri, seperti Sekolah Kepolisian Negara yang ada di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain ditempatkan di lembaga pendidikan, seorang psikolog biasanya ditempatkan pada posisi jabatan untuk menginterogasi pelaku kriminal. Dengan menggunakan tenaga ahli seorang psikolog, maka interogasi akan cepat selesai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)