10 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan TNI AL, Bisa Jadi Pilihan Karier Masa Depan

Jum'at, 23 Desember 2022 - 18:10 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan TNI AL, Bisa Jadi Pilihan Karier Masa Depan
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang dibutuhkan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) rupanya tidak hanya datang dari Akademi Militer saja. TNI AL sempat membuka lowongan Perwira Prajurit Karier yang terbuka bagi tiap warga negara Indonesia.

Baik pria atau wanita lulusan D4, S1, hingga S2 dapat mendaftarkan diri sesuai jurusan kuliah yang dibutuhkan. Dilansir dari rekrutmen-tni.mil.id, terdapat 95 jurusan kuliah yang dibutuhkan.



Hal ini tentu tak menutup kemungkinan akan dibuka lagi pada tahun tahun berikutnya. Meskipun banyak jurusan yang dibutuhkan, namun terdapat beberapa program studi yang ilmunya cocok untuk diterapkan di lingkungan TNI AL.

Berikut 10 jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI AL :

1. Analis Intelijen

Analis Intelijen merupakan jurusan yang mempelajari tentang perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Seorang Intelijen tentu sangat dibutuhkan di dunia pertahanan seperti TNI dan Polri.

Hanya terdapat satu Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Sekolah kedinasan yang dinaungi Badan Intelijen Negara (BIN).

2. Kedokteran Umum

Jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI. Namun demikian, perlu diketahui bahwa mereka yang sudah menempuh S1 Kedokteran Umum masih harus memiliki ijazah profesi. Bagi mereka yang lulus ijazah profesi di jurusan ini, IPK minimal adalah 2,10.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)