Dunia Bahasa Bawa Mahasiswa UNS Ini Meraih Segudang Prestasi

Sabtu, 24 Desember 2022 - 13:31 WIB
loading...
Dunia Bahasa Bawa Mahasiswa UNS Ini Meraih Segudang Prestasi
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia FIB UNS Surakarta Pradana Ricardo meraih banyak prestasi dan karya. Foto/Laman UNS.
A A A
JAKARTA - Berprestasi dan menginspirasi, dua kata yang dapat menggambarkan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta Pradana Ricardo. Dia memiliki segudang prestasi yang diraih selama menempuh studi di UNS.

Pada Mei 2022 lalu, mahasiswa semester tujuh baru saja dinobatkan sebagai Pemenang 1 Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2022. Pradana Ricardo atau yang kerap disapa Ricard berhasil mewakili Jawa Tengah dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional pada Oktober 2022. Selain itu, pada tahun ini, dia berhasil meraih Juara 4 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNS 2022.

Motivasi Mengikuti Kompetisi

Mahasiswa asal Klaten ini mengaku bahwa motivasi mengikuti kompetisi muncul dari dalam dirinya sejak mahasiswa baru. Ia mengatakan bahwa menjadi mahasiswa tidaklah lama, hanya empat tahun bagi jenjang sarjana.

“Empat tahun itu singkat. Aku berusaha buat terus ngembangin diri, salah satunya dengan ikut kompetisi. Bukan masalah menang atau kalah, tapi dengan ikut kompetisi bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Sebenarnya sejauh mana sih kita bisa,” katanya, dikutip dari laman UNS, Sabtu (24/12/2022).

Baca juga: Bersama Majukan Pendidikan Bangsa, MNC University Kolaborasi dengan UNG

Sejak dulu, Ia menyukai dunia tulis-menulis dan wicara publik sehingga membuat Ricard condong mengikuti kompetisi yang terdapat sesi atau tahap presentasi. Beberapa kompetisi tersebut antara lain esai, karya tulis, dan debat. Tidak jarang karya yang diikutkan juga berkaitan dengan dunia kebahasaan dan kesastraan.

Kompetisi Paling Berkesan

Ricard mengungkapkan bahwa kompetisi yang paling berkesan adalah Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2022. “Berkesan banget karena itu baru saja kemarin diadakan. Selain itu, usaha buat mendapatkan predikat terbaik 1 engga sehari-dua hari, tapi butuh proses dan persiapan panjang. Persiapannya sudah sejak 2021, Alhamdulillah terbayar di tahun ini ketika dinobatkan menjadi terbaik 1 dan akan mewakili Jawa Tengah di nasional,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ricard juga pernah mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021, tetapi saat itu terhenti sebagai finalis. Berkat bekal pengalaman dan persiapan matang yang dilakukan, akhirnya Ia berhasil menyabet gelar juara di tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4301 seconds (0.1#10.140)