Tingkatkan Daya Saing Internasional, Prodi Akuntansi Ukrida Raih Akreditasi Unggul

Sabtu, 24 Desember 2022 - 14:01 WIB
loading...
Tingkatkan Daya Saing Internasional, Prodi Akuntansi Ukrida Raih Akreditasi Unggul
Program studi Akuntansi Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) meraih akreditasi Unggul dari LAMEMBA. Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Program studi Akuntansi Universitas Kristen Krida Wacana ( Ukrida ) mengalami peningkatan akreditasi dari A menjadi Unggul. Peningkatan akreditasi ini didapatkan setelah menjalani asesmen dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

Hasil akreditasi Program studi Akuntansi yang merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida ini merupakan pencapaian kedua pada 2022 ini setelah beberapa waktu yang lalu meraih ISO 21001:2018.

Hasil peningkatan akreditasi Program studi Akuntansi Ukrida menjadi Unggul ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan LAMEMBA No. 093/DE/A.5/AR.10/XII/2022 dan akreditasi Unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi bagi perguruan tinggi maupun program studi.

Baca juga: Dunia Bahasa Bawa Mahasiswa UNS Ini Meraih Segudang Prestasi

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi. Dengan diraihnya akreditasi Unggul oleh program studi Akuntansi, berarti telah melampaui standar nasional pendidikan tinggi, serta mutu akademik maupun non-akademik telah terjamin dengan baik.

Akreditasi program studi Akuntansi yang dilakukan oleh LAMEMBA mensyaratkan program studi berdaya saing internasional untuk bisa memperoleh peringkat unggul. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Ukrida Dr. Soegeng Wahyoedi mengapresiasi pencapaian akreditasi Unggul oleh program studi Akuntansi Ukrida. ”Pencapaian ini menunjukkan pembelajaran pada program studi Akuntansi Ukrida telah berdaya saing internasional. Terbukti dengan diraihnya ISO 21001:2018 yang merupakan ISO tentang sistem manajemen pendidikan dan diraihnya akreditasi Unggul dari LAMEMBA,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (24/12/2022).

Ketua Program studi Akuntansi Ukrida Dr. Diana Frederica mensyukuri kenaikan peringkat akreditasi menjadi Unggul. Capaian ini juga sekaligus menjadi tantangan bagi Program studi Akuntansi Ukrida khususnya, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang bersinergi dengan lembaga lain. Seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) guna mengembangkan profesi Akuntan Indonesia.

“Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras tim akreditasi, terutama kinerja dan rekognisi Tridarma para dosen, prestasi para mahasiswa, dukungan para alumni, serta jalinan kerja sama dengan mitra industri, asosiasi, pemerintah, dan sesama perguruan tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Baca juga: 5 Jurusan di ITB dengan Keketatan Tertinggi Tahun 2022, Referensi untuk SNBT 2023

Sementara itu, Rektor Ukrida, Dr. dr. Wani Devita Gunardi mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran program studi Akuntansi dan FEB Ukrida. Menurutnya, ini menjadi kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika Ukrida. Selain itu, Rektor Ukrida juga mengharapkan pencapaian peringkat akreditasi Unggul ini juga diikuti oleh program studi lain di Ukrida.
“Pencapaian akreditasi universitas yang unggul tidak terlepas dari pencapaian akreditasi program studinya yang saat ini sebagian besar program studi di Ukrida telah terakreditasi Unggul, A, Baik Sekali, dan B. Harapan ke depan dengan akreditasi unggul dari program studi Akuntansi akan mempercepat Ukrida mencapai visinya menjadi perguruan tinggi yang unggul di tahun 2023/2024,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam rangka mencapai akreditasi program studi Akuntansi yang unggul, pihaknya telah memfasilitasi untuk dapat memenuhi persyaratan atau kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh LAMEMBA. Di bidang penjaminan mutu, dalam tiga tahun terakir telah dilakukan penguatan penjaminan mutu dengan secara konsisten menerapkan siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan (PPEPP) oleh Lembaga Penjaminan Mutu. Audit Mutu Internal (AMI) dan rapat tinjauan manajemen (RTM) telah dilaksanakan setiap semester dan setiap temuan AMI telah ditindaklanjuti dengan baik”.

“Mendahului upaya untuk memenuhi kriteria internasionalisasi yang dipersyaratkan LAMEMBA, maka proses manajemen pendidikan di program studi Akuntansi juga telah distandarkan secara internasional melalui ISO 21001:2018, yakni ISO tentang Manajemen Pendidikan, yang telah diperoleh program studi Akuntansi dari British Standard Institution,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2878 seconds (0.1#10.140)