Perdana, Fasilkom UI Raih Predikat Unggul Jenjang Doktoral dan Magister Ilmu Komputer

Rabu, 28 Desember 2022 - 12:51 WIB
loading...
Perdana, Fasilkom UI Raih Predikat Unggul Jenjang Doktoral dan Magister Ilmu Komputer
Fasilkom UI menjadi institusi pertama yang meraih predikat Unggul untuk jenjang doktoral dan magister di bidang ilmu komputer dari LAM Infokom. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ( Fasilkom UI ) menjadi institusi pertama yang berhasil meraih predikat Unggul. Akreditasi ini untuk jenjang doktoral dan magister di bidang ilmu komputer dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM Infokom).

Akreditasi ini diraih berdasarkan Surat Keputusan (SK) 006/SK/LAM-INFOKOM/Ak/D/XII/2022 dan juga 132/SK/LAM-INFOKOM/Ak/M/XII/2022. Sertifikat akreditasi program studi ini berlaku dari 5 Desember 2022 sampai dengan 5 Desember 2027.



LAM Infokom merupakan salah satu dari 5 Lembaga Akreditasi Mandiri yang dibentuk oleh pemerintah atau masyarakat atas rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan rumpun atau cabang ilmu pengetahuan yang sudah ditetapkan.

Pada 31 Desember 2021, Ditjen Dikti telah resmi meluncurkan peralihan operasionalisasi dari BAN-PT ke Lembaga Akreditasi Mandiri. Pada pelaksanaannya, akreditasi perguruan tinggi dilakukan oleh BAN-PT, sedangkan akreditasi program studi dilakukan oleh LAM.

Dekan Fasilkom UI, Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., mengatakan, Fasilkom UI harus menjadi institusi terdepan dalam mengembangkan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia.



“Dengan hasil capaian akreditasi Unggul prodi Magister Ilmu Komputer (MIK) dan Doktor Ilmu Komputer (DIK), saya berharap para mahasiswa khususnya prodi MIK maupun DIK mampu menciptakan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan daya saing bangsa,” ujar Dr. Petrus.

Pada program studi MIK menekankan integrasi antara pendidikan pascasarjana dan kegiatan riset sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dalam bidang ilmu komputer sebagai dasar untuk melaksanakan pendidikan dan menghasilkan teknologi informasi yang bertaraf internasional.

Selain itu, program studi MIK dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 3-4 semester dengan beban studi 40 SKS dan memiliki dua program studi pascasarjana, yaitu program Magister Teknologi Informasi dan program Magister Ilmu Komputer.

Selain itu, Program studi MIK juga memiliki beberapa program penyelenggaraan lainnya, seperti Fast Track Sarjana-Magister, Double Degree dengan Technische Universität Dresden (Jerman), Program Kemitraan Negara Berkembang, dan akan membuka skema Magister melalui program UI GREAT (UI Degree Scholarship for International Student). Untuk info lengkap mengenai penerimaan calon mahasiswa dapat diakses pada laman https://penerimaan.ui.ac.id.

Sementara itu, program studi DIK dirancang untuk mencetak lulusan yang memiliki kemampuan meneliti dalam bidang Ilmu Komputer sebagai kelanjutan jenjang magister bidang Ilmu Komputer.

Adapun kurikulum prodi DIK dirancang dan disusun sedemikian rupa sehingga para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman melakukan riset dalam bidang-bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti ilmu komputer, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, dan lain-lain. Kurikulum prodi DIK dibuat untuk diselesaikan dalam 6 semester dengan beban studi 46 SKS.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4891 seconds (0.1#10.140)