8 Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup bagi Fresh Graduate, Tertarik?

Kamis, 29 Desember 2022 - 14:47 WIB
loading...
8 Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup bagi Fresh Graduate, Tertarik?
Perusahaan rintisan (startup) kian menjamur dan berkembang di Indonesia berkat adanya inovasi digital yang kian masif. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini, perusahaan rintisan ( startup ) kian menjamur dan berkembang di Indonesia berkat adanya inovasi digital yang kian masif. Melansir laporan dari Startup Ranking, di tahun 2022 Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di dunia.

Dengan menjamurnya perusahaan startup, lowongan pekerjaan perusahaan startup semakin banyak bermunculan bahkan menawarkan suasana kerja yang asik dan bisa dibilang memberikan gaji yang kompetitif jika dibandingkan dengan perusahaan konvensional.



Berikut ini informasi seputar apa saja keuntungan jika bekerja di perusahaan startup yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak selengkapnya!

1. Kesempatan Belajar Hal Baru

Melansir dari The Balance Careers, bekerja dalam tim kecil seperti dalam perusahaan startup membuatmu bisa memiliki kesempatan untuk belajar hal-hal baru dari rekan kerja yang bekerja di berbagai departemen.

Ketika kamu bekerja di startup, kamu akan dituntut untuk menjadi pemecah masalah dan mungkin bisa saja mengambil berbagai tanggung jawab yang berbeda.

Hal ini bisa memberikanmu kesempatan untuk lebih memahami alur dari keseluruhan bisnis, berkontribusi terhadap keuntungan perusahaan, dan meningkatkan visibilitas perusahaan dalam waktu yang singkat.

Di samping mendapatkan kesempatan belajar hal-hal baru, kamu juga memiliki peluang untuk mendapatkan promosi yang lebih cepat dibandingkan jika bekerja di perusahaan konvensional lainnya. Namun, perlu digaris bawahi kalau hal ini akan berlaku jika performa dan skill kamu sudah mumpuni.

2. Lingkungan yang Menyenangkan

Biasanya jika kamu bekerja di perusahaan startup, kamu akan bekerja sama dengan para rekan kerja yang usianya gak terlalu beda jauh dengan usiamu saat ini.

Jadi karena rentang usia yang gak begitu jauh, kamu seperti bekerja dengan teman-temanmu. Kamu bisa lebih santai dan tidak sungkan untuk bertanya maupun mengutarakan pendapat kepada mereka sehingga kamu lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan budaya kerja di sana.

Salah satu hal yang mendukung suasana kantor jadi lebih menyenangkan ialah fasilitas-fasilitas kece untuk meningkatkan performa para pekerjanya misalnya perusahaan startup banyak yang menawarkan snack gratis di pantry, co-working space yang nyaman, dan fasilitas penunjang lainnya.

3. Lebih Fleksibel

Salah satu kelebihan jika bekerja di startup yaitu kamu akan mendapatkan waktu kerja yang lebih fleksibel dibandingkan bekerja di perusahaan korporat, sehingga kamu bisa merasa lebih bebas dan tidak terkekang dengan aturan jam kerja. Tapi, ada juga perusahaan startup yang menetapkan jam kerja seperti perusahaan pada umumnya.

Selain jam kerja yang fleksibel, keuntungan bekerja di startup lainnya yang mungkin bisa jadi pertimbanganmu yaitu saat ini berbagai perusahaan startup juga sudah menerapkan sistem Work From Anywhere (WFA) jadi kamu bisa bekerja di mana saja!

4. Memberikan Dampak yang Besar

Secara umum, jumlah anggota dari setiap divisi pada perusahaan startup jauh lebih sedikit dibandingkan perusahaan konvensional. Hal ini justru menjadi peluang yang baik terlebih khusus jika kamu masih fresh graduate.

Karena perusahaan startup biasanya masih dalam fase berkembang, maka keuntungan bekerja di startup yang bisa kamu peroleh ialah dengan mendapat suatu ”privilege” tersendiri seperti memberikan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga bisa memberikan dampak yang besar terhadap perusahaan.

5. Peluang Berinovasi Secara Luas

Apakah kamu merupakan tipikal orang yang sering memberikan ide atau membuat inovasi? Bekerja di startup sepertinya cocok, nih!

Bekerja di startup memberikan kesempatan pada karyawannya untuk mengerjakan sesuatu yang “out of the box” karena perusahaan startup cenderung memiliki struktur yang lebih sedikit dan birokrasi yang tidak berbelit-belit sehingga kamu bebas untuk memberikan pendapat, ide-ide kreatif maupun inovasi demi kemajuan perusahaan.

6. Bekerja dengan Pakaian Non Formal

Mayoritas perusahaan startup tidak memiliki aturan khusus untuk memakai seragam perusahaan.

Asalkan kamu sudah memakai pakaian yang sopan dan tetap memperhatikan etika dalam berpakaian, tentunya kamu bisa bebas berekspresi menjadi dirimu sendiri melalui pakaian yang kamu gunakan!

7. Setiap Kontribusi Akan Diapresiasi

Keuntungan bekerja di startup lainnya yaitu semua upaya kamu akan mudah dilihat karena ukuran tim yang kecil.
Melihat ide dan usaha yang telah kamu capai berdampak besar pada pertumbuhan perusahaan, tentunya kamu akan mendapatkan apresiasi yang besar dari rekan kerja dan bahkan sampai ke atasan tempat kamu bekerja.

Selain itu, kontribusi yang telah kamu berikan terhadap perusahaan startup tersebut juga bisa menjadi sebuah pencapaian yang bisa kamu tuliskan di CV.

8. Bekerja Langsung dengan Para Senior

Jika kamu menjadi seorang karyawan di perusahaan yang besar, kecil kemungkinan kamu akan bertemu dengan CEO maupun manajer senior di perusahaan tersebut, apalagi mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan mereka.

Namun, dalam sebuah perusahaan startup, kamu akan mendapat kemungkinan yang lebih besar untuk berkomunikasi bahkan bekerja sama dengan para pendirinya maupun senior level di perusahaan tersebut, mengingat struktur tim yang cenderung lebih kecil.

Nah, itu dia beberapa keuntungan bekerja di startup yang mungkin bisa jadi bahan pertimbanganmu untuk memulai karier.

Gimana? Apakah kamu mulai tertarik bekerja di perusahaan startup? Jika iya, kamu bisa menemukan berbagai lowongan kerja perusahaan startup terbaru.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2831 seconds (0.1#10.140)