Dosen Unesa Berbagi Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023

Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:17 WIB
loading...
Dosen Unesa Berbagi Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2023
Membuat resolusi tahun baru tidak boleh asal-asalan. Salah satu acuan membuatnya adalah disesuaikan dengan kemampuan. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Tahun 2022 segera berakhir dan tahun 2023 akan segera disambut meriah. Salah satu hal yang disiapkan dalam momen pergantian tahun adalah membuat resolusi tahun baru .

Resolusi pun tidak boleh asal buat. Dalam pembuatannya, resolusi tidak hanya mencakup pengembangan diri namun tujuan berkarier dan pekerjaan di tahun depan.

Namun bagaimana cara membuat resolusi dengan baik sehingga semua tujuan hidup bisa tercapai meski menghadapi tantangan yang tidak mudah? Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Nanda Audia Vrisaba berbagi tips untuk membuatnya.

1. Sesuai Kemampuan

Membuat resolusi sebaiknya mengacu pada kemampuan diri. Dengan kata lain resolusi harus realistis sehingga langkah pencapaiannya bisa ditentukan dan diukur. Jika tidak diukur dengan kemampuan, resolusi sulit dicapai dan bisa mempersulit diri sendiri yang ujung-ujungnya bisa bikin stres.

Baca juga: Daftar Lengkap Jurusan, 3 Lokasi Kampus, dan Biaya Kuliah di ITB

Hindari tujuan yang terlalu banyak, karena bisa bikin seseorang tidak fokus dan bisa-bisa tidak ada yang tercapai. “Susunlah tujuan mulai dari hal-hal kecil atau sederhana yang sesuai kemampuan, jangan ikut-ikutan orang, karena setiap orang berbeda kemampuannya,” ucap Nanda, dikutip dari laman Unesa, Sabtu (31/12/2022).

2. Punya Target dan Rencana

Setelah membuat daftar tujuan hidup yang akan dicapai dalam setahun, dua tahun atau lima tahun ke depan, penting juga menyusun rencana mengenai langkah apa yang akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
Contohnya, jika target lulus kuliah tahun depan. Syarat-syarat kelulusan harus dipenuhi satu per satu. Seperti TOEFL, proposal hingga tesis termasuk publikasi ilmiah misalnya. Semua harus direncanakan dan ditargetkan sehingga bisa tercapai sesuai harapan.

3. Komitmen
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)