7 Sekolah Kedinasan Terbaik yang Menerima Lulusan SMK, Kuliah Gratis Calon ASN

Senin, 02 Januari 2023 - 16:28 WIB
loading...
7 Sekolah Kedinasan Terbaik yang Menerima Lulusan SMK, Kuliah Gratis Calon ASN
7 sekolah kedinasan ini menerima lulusan SMK untuk dididik menjadi calon abdi negara yang ahli di berbagai bidang. Foto/Dok/Ist.
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan tidak hanya terbuka bagi lulusan SMA namun lulusan SMK juga memiliki kesempatan untuk dididik menjadi calon abdi negara. Lulusan SMK bisa memilih untuk menjadi calon agen intelijen, ahli cuaca, atau aparatur negara di bidang perhubungan.

Setiap tahunnya, seleksi sekolah kedinasan dibuka untuk lulusan sekolah menengah dan yang sederajat. Sekolah kedinasan ini pun menjadi kesempatan terbaik bagi yang ingin lanjut ke pendidikan tinggi namun tidak mau ke PTN atau PTS.

Sekolah kedinasan selalu banjir peminat. Ini karena calon mahasiswa atau taruna-taruni tidak akan kepusingan biaya pendidikan karena kuliahnya gratis. Selain itu setiap lulusannya diangkat menjadi CPNS sehingga bisa bekerja di instansi negara.

Sekolah kedinasan pun tidak hanya terbuka untuk lulusan SMA saja. Lulusan SMK dengan berbagai keahlian pun bisa mendaftar. Bahkan ilmu yang siswa pelajari semasa bangku SMK pun akan linier dengan program studi yang akan dipelajari di perguruan tinggi kedinasan tersebut.

Baca juga: Batas Usia 7 Sekolah Kedinasan Favorit, Kenali Syaratnya

Dikutip dari laman resmi dan Pengumuman Sipencatar Pola Pembibitan Kemenhub 2022, berikut ini sekolah kedinasan terbaik yang pada Seleksi Sekolah Kedinasan 2022 menerima lulusan SMK.

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Poltek SSN merupakan sekolah kedinasan di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang pada tahun ini membuka formasi untuk 100 orang taruna dan taruni. Poltek SSN membuka lulusan SMK untuk keahlian, yaitu:

1. SMK Teknik Elektronika
- Teknik Audio Video
- Teknik Elektronika Industri
- Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
2. SMK TI bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Rekayasa Perangkat Lunak
- Teknik Komputer dan Jaringan
- Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

2. Politeknik Transportasi darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)