5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Besar, No 1 Pengobatan Tradisional

Selasa, 03 Januari 2023 - 15:34 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Besar, No 1 Pengobatan Tradisional
5 jurusan juliah sepi peminat dengan peluang kerja besar ini bisa dilirik oleh calon mahasiswa baru. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah di perguruan tinggi terbilang sepi peminat. Padahal di balik itu ada peluang kerja yang tidak kalah cerahnya di masa depan dibanding jurusan kuliah lainnya.

Ketatnya persaingan masuk jurusan kuliah favorit terkadang membuat calon mahasiswa berpikir jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar itu sepertinya tidak ada. Harus diakui, prodi dengan peluang kerjanya tinggi itu biasanya tersebar di jurusan-jurusan kuliah favorit.

Namun bukan berarti jurusan yang sepi peminat tak dapat menawarkan prospek kerja luas kan? Sebab ada jurusan yang banyak peluang kerja tetapi tak begitu dilirik oleh calon mahasiswa. Dikutip dari laman Akupintar, berikut ini lima jurusannya.

1. Pengobatan Tradisional

Jurusan Pengobatan Tradisional biasa disingkat Battra ini bisa dipilih oleh anak IPA yang mau lanjut kuliah. Jurusan ini juga bisa menjadi rekomendasi calon mahasiswa yang memiliki passion di bidang kesehatan.

Selain mempelajari tentang penggunaan herbal tradisional untuk pengobatan, mahasiswanya juga belajar tentang akupuntur, akupresur, dan pijat. Ilmu tentang nutrisi juga dipelajari di jurusan ini.

Baca juga: Mahasiswa Berprestasi di Universitas Jember Dapat Lulus Kuliah Lebih Cepat, Kok Bisa?

Sederet kemampuan ini memang tak menjamin lulusannya mudah cari kerja, tetapi bakal dicari lantaran ahli pengobatan tradisional sendiri sampai saat ini masih sangat jarang dijumpai padahal dibutuhkan.

Dilihat di laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jurusan Pengobatan Tradisional ini hanya ada di dua perguruan tinggi sehingga bisa terbilang jurusan langka. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menjadi terapis, mengelola griya sehat, hingga menjadi content creator pengobatan tradisional, Universitas Airlangga (Unair) atau Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri bisa menjadi pilihan.

2. Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4028 seconds (0.1#10.140)