Asrorun Niam Sholeh Raih Gelar Profesor Hukum Islam UIN Jakarta

Selasa, 03 Januari 2023 - 16:07 WIB
loading...
Asrorun Niam Sholeh Raih Gelar Profesor Hukum Islam UIN Jakarta
Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh berhasil meraih gelar profesor di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh berhasil meraih gelar profesor di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ( UIN Jakarta ). Asrorun berhasil meraih gelar guru besar untuk bidang Ilmu Fikih Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta.

UIN Jakarta kembali menambah jumlah guru besar barunya setelah Dosen Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Jakarta yang kini menjabat sebagai Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora , Dr. Asrorun Niam Sholeh, MA, diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Fikih.

Surat Pengangkatannya ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan diserahkan usai Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI di Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Usai penyerahan SK Guru Besar, Niam yang juga Ketua MUI Bidang Fatwa ini menyampaikan ucapan terima kasih dan menilainya sebagai wujud pengakuan akademik yang harus dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Unila Buka Lowongan PPPK Dosen dan Tendik, Segera Daftar

"Jabatan guru besar ini sebagai amanah yang menuntut adanya tanggung jawab. Ini di satu sisi sebagai pengakuan atas capaian akademik, tapi di sisi lain ada tanggung jawab untuk terus meningkatkan kapasitas dan kontribusi akademik, sehingga meningkatkan perkhidmatan dalam mewujudkan kemaslahatan yang lebih luas", ujar Niam.

Pencapaian jabatan akademik ini sebagai bentuk pengakuan atas konsistensi Niam di bidang akademik, meski dia banyak berkiprah di pemerintahan dan berbagai ruang perkhidmatan. "Meski secara formal selama ini saya memperoleh penugasan di luar kampus, namun selama ini saya tidak pernah meninggalkan dunia akademik, masih terus mengajar. Gen saya adalah gen kampus", tegas Niam.

Doktor bidang hukum Islam tersebut selama ini memperoleh penugasan di berbagai bidang perkhidmatan. Selama dua periode diberi amanah sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sebagai Ketua KPAI hingga 2017. Setelah itu Niam diberikan amanah sebagai Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, hingga kini.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Besar, No 1 Pengobatan Tradisional

Selama penugasan tersebut, Niam tidak pernah meninggalkan aktivitas Tri Darma Perguruan Tinggi, termasuk mengajar di kampus. Dia juga aktif menulis dan memublikasikannya dalam bentuk opini media massa, artikel jurnal, dan juga dalam bentuk buku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)