Peribahasa yang Menggunakan Kata Ayam, Nomor 5 Bermakna Hidup Senang dan Mewah

Kamis, 05 Januari 2023 - 08:04 WIB
loading...
Peribahasa yang Menggunakan Kata Ayam, Nomor 5 Bermakna Hidup Senang dan Mewah
Ayam merupakan salah satu binatang peliharaan yang populer di masyarakat Indonesia. Mungkin karena ini pula peribahasa yang memuat atau menggunakan kata ayam lumayan banyak jumlahnya. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kata ayam banyak digunakan atau terdapat dalam peribahasa . Makna atau artinya beragam dan menarik untuk kita ketahui.

Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan). Makna lain peribahasa, seperti dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Sementara, ayam adalah unggas yang pada umumnya tidak dapat terbang, dapat dijinakkan dan dipelihara, berjengger, yang jantan berkokok dan bertaji, sedangkan yang betina berkotek.



Ayam merupakan salah satu binatang peliharaan yang populer di masyarakat Indonesia. Mungkin karena ini pula peribahasa yang memuat atau menggunakan kata ayam lumayan banyak jumlahnya. Berikut ini SINDOnews tampilkan delapan peribahasa yang menggunakan kata ayam, lengkap dengan maknanya:

1. Ayam itik raja pada tempatnya

Peribahasa ayam itik raja pada tempatnya bermakna setiap orang berkuasa di tempatnya atau di lingkungannya

2. Ayam putih terbang siang

Makna peribahasa ayam putih terbang siang adalah mudah ketahuan (tentang perkara dan sebagainya).

3. Ayam hitam terbang malam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)