Tertarik Masuk Sekolah Pascasarjana IPB University? Ini Syaratnya

Rabu, 11 Januari 2023 - 15:11 WIB
loading...
Tertarik Masuk Sekolah Pascasarjana IPB University? Ini Syaratnya
informasi mengenai bagaimana persyaratan masuk Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University penting bagi calon mahasiswa baru. Foto/Dok/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menggelar acara Ngobrol Bareng edisi perdana terkait dengan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Ini untuk memberikan informasi mengenai bagaimana persyaratan masuk bagi calon mahasiswa baru.

Kepala Sub Bagian Humas, Kerja Sama dan PMB SPs IPB University Fatmasari Siregar menyampaikan pertanyaan yang banyak disampaikan oleh calon mahasiswa baru melalui email, maupun media sosial SPs IPB University. Menurutnya, jawaban dari pertanyaan yang sering muncul ini sangat penting untuk memberikan kemudahan dan pemahaman calon mahasiswa baru sebelum mendaftar di SPs IPB University.

Baca juga: Registrasi Akun Jadi Syarat Wajib di SNPMB 2023, Simak Alurnya

“Banyak yang bertanya tentang cara pengisian rekomendasi untuk program doktor dan magister. Pemberi rekomendasi harus tiga orang dan untuk program magister, pemberi rekomendasi minimal harus memiliki gelar magister. Sedangkan program doktor, harus bergelar doktor. Pemberi rekomendasi juga disarankan dari komisi akademik ataupun dosen pembimbing sebelumnya,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (11/1/2022).

Selain itu, Fatmasari Siregar juga membahas tentang syarat-syarat yang harus disertakan oleh calon mahasiswa. Seperti tes kemampuan bahasa dan juga tes potensi akademik (TPA) dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Baca juga: Pendaftaran Taruna Akmil 2023 Telah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

“Tes kemampuan bahasa untuk pendaftaran tidak wajib (opsional), akan tetapi apabila memiliki sertifikat kemampuan bahasa seperti ITP, iBT maupun IELTS dengan skor minimal 450 (untuk magister) dan 475 (untuk doktoral) dapat diajukan sebagai klaim nilai Bahasa Inggris. Nilai TPA diwajibkan untuk jalur kelas khusus (berapapun nilai Indeks Prestasi Kumulatif/IPK) dan jalur reguler serta by research yang memiliki IPK kurang dari 2,00 (untuk magister) dan 3,25 (untuk doktor). Masing-masing skor minimail 450 dan 475 dari Bappenas,” jelasnya.

Ia menambahkan, informasi-informasi yang disampaikan di acara Ngobrol Bareng ini juga sudah disajikan lengkap di laman admisi.ipb.ac.id untuk mempermudah calon mahasiswa dalam mendaftar. SPs IPB University akan membuka pendaftaran mahasiswa baru semester ganjil Tahun Akademik 2023/2024 pada bulan Februari 2023 untuk perkuliahan di bulan Agustus 2023.

“Terdapat tiga jalur masuk yaitu reguler, kelas khusus dan by research yang nanti akan dibuka. Calon mahasiswa baru dapat mengakses laman pendaftaran admisi.ipb.ac.id untuk melihat syarat pendaftaran dan program studi yang ditawarkan,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)