IPB akan Buka Fakultas Kedokteran, Gandeng RSUD Cibinong sebagai RS Pendidikan Utama

Jum'at, 13 Januari 2023 - 07:00 WIB
loading...
IPB akan Buka Fakultas Kedokteran, Gandeng RSUD Cibinong sebagai RS Pendidikan Utama
Sebagai persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran, IPB University menggandeng RSUD Cibinong sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - IPB University tengah bersiap untuk membuka Fakultas Kedokteran . IPB University pun menggandeng RSUD Cibinong yang akan menjadi rumah sakit pendidikan utama untuk IPB University.

IPB University melakukan kegiatan audiensi bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong di Ruang Sidang Rektor pada (12/1/2023). Rektor IPB University Prof Arif Satria menyampaikan rasa terima kasih kepada RSUD Cibinong yang sudah memberikan dukungan untuk menjadi rumah sakit pendidikan utama.

“Terima kasih untuk RSUD Cibinong yang sudah men-support untuk menjadi rumah sakit pendidikan utama. Fakultas Kedokteran IPB University ini nantinya akan fokus pada riset untuk bidang genomics. Mandatnya adalah pada medical engineering dan yang kedua bersifat genomics yang saat ini bidang tersebut sedang dibutuhkan,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (13/1/2023)

Baca juga: Kemenparekraf dan Kemendikbudristek Dapat Penghargaan dari UI

Prof Arif juga menyampaikan, saat ini IPB University sudah mempunyai gedung laboratorium khusus stemcell untuk mengembangkan keilmuan tersebut. Ia berharap semoga pembangunan fakultas tersebut bisa lolos administrasi dan berjalan dengan semestinya.

Prof Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan bahwa audiensi ini merupakan langkah awal dan lanjutan dari kerjasama IPB University dengan RSUD Cibinong yang sudah dekat dan banyak membantu dari masa pandemi COVID-19.

“Saat ini IPB University juga sedang berupaya untuk merealisasikan Fakultas Kedokteran. Semoga ikhtiar kita dan usulan kita untuk RSUD Cibinong sebagai rumah sakit pendidikan utama nanti bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Terkait dengan pemenuhan sumberdaya manusia, kami sudah konsultasi juga untuk tenaga pengajar, dokter dan staf rumah sakit pendidikan utama bisa dianggap sebagai dosen kita dan sebisa mungkin kita manfaatkan,” ungkap Prof Dodik.

Baca juga: Email Aktivasi Akun SNPMB Belum Diterima? Lakukan 3 Hal Ini

Sementara itu, Prof Srihadi Agungpriyono mengatakan bahwa IPB University mempunyai potensi untuk ikut serta dalam program pemerintah, yakni AHS (Academic Health System).

“IPB University diamanatkan pemerintah daerah untuk mengembangkan keilmuan kedokteran. Kita mencoba kekuatan yang sudah kita punya, yakni networking, ke berbagai desa agromaritim yang bisa menjadi penguat dalam membangun Fakultas Kedokteran yang berbasis pada penguatan kesehatan masyarakat agromaritim,” tuturnya.

Dr Yukie Moistisia, Direktur RSUD Cibinong menanggapi bahwa pada prinsipnya RSUD Cibinong siap untuk melaksanakan kerja sama tersebut. “Ini merupakan amanat dari Bupati untuk mengawal proses tersebut dengan IPB University. Mudah-mudahan ke depan kami bisa terjun langsung untuk proses kelengkapan administrasi. Kami juga berbenah dari segi pelayanan untuk nanti dapat mengurus akreditasi di bidang pendidikan,” tutur Dr Yukie.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)