3 Jurus Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat di SNBP 2023

Jum'at, 13 Januari 2023 - 14:16 WIB
loading...
3 Jurus Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat di SNBP 2023
Pendaftaran SNBP 2023 akan segera dibuka. Calon mahasiswa pun perlu jeli memilih jurusan kuliah yang tepat. Foto/Dok/BKHM Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) 2023 akan segera dibuka. Calon mahasiswa pun harus sudah mengetahui jurusan kuliah yang akan dipilihnya untuk menjalani pendidikan di perguruan tinggi negeri .

Saat ini tahapan SNBP 2023 masih pada pembuatan akun dan registrasi akun SNPMB sekolah dan siswa. Seiring dengan itu pula penetapan siswa eligible dan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Setelah tahapan di atas ini selesai maka pendaftaran SNBP 2023 pun dimulai. Jadwalnya adalah 14 Februari hingga 28 Februari 2023. Kemudian pengumuman hasil SNBP dilaksanakan pada 28 Maret 2023.

Berikut ketentuan pemilihan program studi di SNBP 2023.

1. Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa dizinkan memilih program studi di PTN
2. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
3. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Baca juga: Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022, Cek Jadwal Lengkapnya

Perlu calon mahasiswa ketahui, pemilihan jurusan di SNBP itu lebih dari sekedar memilih jurusan kuliah semata. Namun apa jurusan kuliah yang dipilih di SNBP saat ini akan memengaruhi masa depan kalian.

Bahkan, pilihan prodi itu dapat menentukan apakah kalian bakal lolos di SNBP atau tidak. Lalu bagaimana cara memilih jurusan yang tepat di SNBP? Dikutip dari laman Aku Pintar, berikut ini 3 caranya.

1. Pahami Minat dan Kemampuan Diri Sendiri

Jika pada penerimaan sebelumnya dikenal dengan anak IPA dianjurkan memilih jurusan-jurusan Saintek dan anak IPS/Bahasa sebaiknya memilih jurusan-jurusan Soshum. Namun ternyata ketentuan SNBP 2023 berubah.

Di SNBP 2023, tidak diberlakukan batasan bahwa anak kelas tertentu harus memilih jurusan kuliah atau prodi tertentu. Setiap siswa bebas memilih prodi di SNBP.

Ini berarti, kalian harus benar-benar bebas memilih jurusan apa pun yang kalian inginkan? Iya, betul kamu bebas memilih jurusan SNBP 2023 yang kamu inginkan, tetapi justru di sinilah kematangan berpikir kita diuji. Misalnya, akankah memilih prodi di SNBP yang sesuai dengan minat dan kemampuan atau mengikuti pilihan teman.

2. Pertimbangkan Peluang Lolos di Prodi yang Diincar

Salah satu strategi memilih jurusan kuliah yang cukup penting adalah mengetahui peluang lolos di jurusan yang diincar. Meskipun tidak menjadi ketentuan SNBP 2023, ada baiknya jika kamu memilih jurusan SNBP 2023 yang telah meloloskan kakak-kakak tingkatmu di sekolah. Guru BK, Wali Kelas, atau staf Tata Usaha sekolah mungkin bisa membantumu mengetahui rekam jejak alumni yang lolos seleksi prestasi di universitas mana dan jurusan apa.

Baca juga: Tahapan Registrasi Akun SNPMB 2023 Bagi Siswa dan Sekolah, Ikuti Alurnya

Tentunya, kamu bisa menerapkan tips SNBP 2023 ini hanya bila kakak-kakak alumni itu ternyata juga telah memilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu. Jangan sampai terbalik. Enggak lucu dong, kalau minat dan kemampuanmu di bidang Matematika, tetapi kalian memilih jurusan bahasa hanya karena kakak-kakak alumni banyak yang lolos seleksi di situ.

Jika ternyata minat dan kemampuanmu istimewa, beda dari kakak-kakak pendahulumu, ada strategi milih jurusan di SNBP yang bisa kamu dilakukan. Sebelum memilih prodi di SNBP 2023, cari tahu dulu daya tampung jurusan yang diincar di berbagai kampus yang berbeda. Cari tahu juga jumlah peminat pada tahun 2022. Dari kedua variabel ini, kamu bisa menentukan tingkat keketatan prodi.

Jika kamu memilih dua prodi di SNBP, cari tau keketatan pada tiap-tiap prodi tersebut. Tips SNBP 2023 yang satu ini dapat memberikan gambaran kira-kira jurusan di kampus manakah yang dapat memberi peluang lolos seleksi lebih besar.

3. Ikuti Ketentuan SNBP 2023 yang berlaku

Pastinya, salah satu persyaratan mengikuti jalur SNBP 2023 adalah mengikuti ketentuan yang berlaku. Dalam pemilihan jurusan di SNBP, sebenarnya tidak banyak perubahan ketentuan dari tahun-tahun sebelumnya.

Ada dua ketentuan SNBP 2023 yang wajib diperhatikan saat memilih jurusan. Pertama, "Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN." Artinya, batas maksimal prodi yang bisa dipilih adalah dua.

Ketentuan SNBP 2023 berikutnya, "Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal." Misalnya, sekolahmu berada di Provinsi Kalimantan Timur. Jika kamu memilih Prodi X dan Y, maka Prodi X harus berada di PTN di Kalimantan Timur. Untuk Prodi Y, kamu bebas memilih PTN di provinsi lain.

Ketentuan SNBP 2023 yang terakhir, "Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun." Buat kalian yang percaya diri dengan satu saja program studi SNBP 2023, maka bebas memilih prodi tersebut berada di PTN di provinsi mana pun. Tak ada ketentuan asal sekolah yang mengikat dengan pemilihan jurusan di SNBP.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2225 seconds (10.177#12.26)