Minat dan Bakat Penting dalam Memilih Jurusan, Psikolog Unpad Ungkap Alasannya

Selasa, 17 Januari 2023 - 07:41 WIB
loading...
Minat dan Bakat Penting dalam Memilih Jurusan, Psikolog Unpad Ungkap Alasannya
Menelusuri minat dan bakat itu penting dilakukan calon mahasiswa baru dalam memilih jurusan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Proses penerimaan mahasiswa baru saat ini tengah berlangsung. Salah satu hal yang penting ditekankan kepada calon mahasiswa adalah mengetahui minat dan bakatnya untuk memilih jurusan.

Kepala Divisi Layanan Pusat Inovasi Psikologi Unpad Anggit Sukmawati dalam talkshow Ayo Kenal Unpad: Knowing Your Self, Planning Your Future memaparkan pentingnya calon mahasiswa mengetahui minat dan bakat yang dimiliki sebelum melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Baca juga: Ini 6 Jalur Masuk IPB University 2023 dan Jadwal Pendaftarannya

“Perjalanan kita mencari itu memang sebetulnya intinya ada dua, yaitu kita mengidentifikasi dan menelusuri bakat dan minat kita dan mengeksplorasi tujuan atau program studi yang ingin kita capai,” kata Anggit, dikutip dari laman resmi Unpad, Selasa (17/1/2023).

Psikolog anak dan remaja tersebut mengatakan, calon mahasiswa dapat dari sekarang untuk mencari tahu program studi yang ingin dituju. Pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi, mulai dari melihat website, YouTube, atau bertanya langsung ke pihak kampus.

Baca juga: Pusat Unggulan FT UGM Dampingi Pembangunan Gedung Istana Presiden di IKN

“Kita bisa menemukan kecocokan kalau misalnya antara potensi kita sesuai dengan jurusan terhadap profil program studi yang akan kita tuju,” kata Anggit.

Untuk berdiskusi dengan minat dan bakat, calon mahasiswa juga dapat meminta bantuan ke pihak profesional. Salah satunya dapat menghubungi Pusat Inovasi Psikologi Unpad sebagai layanan psikologi kepada masyarakat umum.

Anggit mengatakan, pendampingan psikolog tersebut di antaranya, penelusuran minat dan bakat dengan memberikan gambaran objektif melalui tes psikologi dan konsultasi langsung dengan psikolog.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2325 seconds (10.101#12.26)