Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 Segera Dibuka, Cek Infonya di Sini

Selasa, 17 Januari 2023 - 13:49 WIB
loading...
Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 Segera Dibuka, Cek Infonya di Sini
Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 akan diawali dengan pengisian PDSS pada 20 Januari hingga 13 Februari 2023. Foto/Tangkap layar laman SPAN-PTKIN.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2023 akan segera dibuka. Calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di PTKIN patut membaca ketentuan umum dan tata cara pendaftarannya.

Penerimaan mahasiswa baru SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama.

Dikutip dari laman SPAN-PTKIN, biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah alias gratis. Tercatat ada 59 perguruan tinggi nasional menjadi peserta pada pelaksanaan SPAN-PTKIN ini. Proses penerimaan harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Baca juga: Psikolog UI Kaji Penyebab Diamnya Mahasiswa yang Jadi Saksi Kecurangan Akademik

Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

1. Pengisian PDSS: 20 Januari - 13 Februari 2023
2. Verifikasi PDSS: 20 Januari - 13 Februari 2023
3. Pendaftaran (siswa): 20 Februari - 10 Maret 2023
4. Pengumuman Hasil Seleksi: 03 April 2023
5. Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi Ditetapkan di masing-masing PTKIN.

Ketentuan Umum

A. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

B. MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1357 seconds (10.177#12.26)