Mengenal SIKIA Unair, Masa Tunggu Kerja Lulusan di Bawah 4 Bulan

Rabu, 18 Januari 2023 - 09:17 WIB
loading...
Mengenal SIKIA Unair, Masa Tunggu Kerja Lulusan di Bawah 4 Bulan
SIKIA Unair merupakan salah satu fakultas unggulan di Unair dengan masa tunggu pekerjaan pasca sarjana bagi mahasiswa juga terbilang singkat, yakni di bawah 4 bulan. Foto/Humas Unair.
A A A
JAKARTA - Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam Universitas Airlangga (SIKIA Unair ) menyelenggarakan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Melalui acara ini diperkenalkan mengenai SIKIA Unair kepada siswa dan siswi dari 20 SMA/SMK/MA di Kabupaten Banyuwangi.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menyampaikan, jalur penerimaan mahasiswa baru Unair terdiri dari SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dengan daya tampung 20 %, jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dengan daya tampung 30 %, dan jalur mandiri dengan daya tampung 50 %.

“SIKIA Unair merupakan salah satu fakultas unggulan di Unair yang telah menjangkau dan meluluskan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya, dikutip dari laman Unair, Rabu (18/1/2023).

Baca juga: 9 Rekomendasi Jurusan Buat Daftar SNBP 2023 Bagi Penyuka Biologi

Achmad Solihin menyampaikan, masa tunggu pekerjaan pasca sarjana bagi mahasiswa juga terbilang singkat, yaitu satu hingga tiga bulan saja. “Oleh karena itu, mari bergabung menjadi bagian dari SIKIA Unair di Banyuwangi,” tuturnya.

Direktur SIKIA Unair Prof Dr Soetojo menyampaikan, SIKIA Unair yang sebelumnya adalah PSDKU (Program Studi Di luar Kampus Utama) telah berganti birokrasi menjadi dipimpin oleh Direktur dan Wakil Direktur. SIKIA Unair memiliki tiga program studi unggulan, di antaranya S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kedokteran Hewan, dan S1 Akuakultur.

Dia melanjutkan, masing-masing program studi memiliki bidang unggulan. Pada prodi Kesehatan Masyarakat terdiri dari peminatan Epidemiologi, Biostatistika, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, dan Gizi Kesehatan.

Baca juga: 20 PTN Penerima Peserta Terbanyak SNMPTN 2022, Ada Kampusmu di SNBP 2023?

Pada prodi Kedokteran Hewan terdiri dari peminatan Konservasi Satwa Liar, Nutrisi dan Pakan, Pelestarian Plasma Nutfah Banyuwangi, dan Pengendalian Penyakit Reproduksi Ternak. Sementara pada prodi Akuakultur, memiliki peminatan Nutrisi dan Pakan, Bioteknologi Akuakultur, Lingkungan Akuatik, Genetika dan Reproduksi, dan Kesehatan Ikan.

Dia menuturkan, peminat SIKIA Unair semakin meningkat setiap tahunnya. Perancangan skema penerimaan di tahun 2023 ini akan membuka untuk 100 mahasiswa yang sebelumnya hanya 50 mahasiswa dari masing-masing program studi.

“Hal ini merupakan salah satu harapan dari SIKIA Unair untuk menjangkau mahasiswa dari berbagai daerah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, dan Papua,” ucap dokter spesialis urologi konsultan itu.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3542 seconds (10.55#12.26)