Pungutan Seragam di SDN 1 Cicadas Dikeluhkan

Selasa, 23 Juni 2015 - 22:44 WIB
Pungutan Seragam di...
Pungutan Seragam di SDN 1 Cicadas Dikeluhkan
A A A
BOGOR - Sejumlah wali murid yang ingin mendaftarkan putera-puterinya melanjutkan pendidikan di SD Negeri 1 Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mengeluhkan pungutan yang diberlakukan Panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB) di sekolah itu sebesar Rp600.000 per orang.

Salah satu orang tua murid yang enggan disebutkan mengaku kaget ketika Panitia Penerimaan Siswa Baru SD Negeri 1 Cicadas mematok biaya Rp600.000 untuk masuk sekolah. Ada pun uang wajib Rp600.000 ini menurut panitia untuk keperluan membayar seragam sekolah.

"Bagi masyarakat seperti saya ini, uang sebesar ini cukup memberatkan. Saya dengar sekolah ini sekolah percontohan dan dibantu dengan dana APBN, masa untuk beli bajunya masih saja dipungut biayanya cukup besar, " kata wali murid yang enggan disebutkan namanya ini.

Menurut dia, memang jumlahnya hanya Rp600.000 tapi kalau dikalikan 200 siswa saja kan jumlahnya cukup banyak. Padahal katanya hanya untuk membuat seragam SD saja.

Selain itu, kata dia, seragam tidak boleh dibuat sendiri, sehingga calon siswa wajib membayar ke pihak sekolah.

Namun Kepala SDN 1 Cicadas, H Adam Sutisna mengaku kebijakan memungut uang sebesar Rp600.000 tersebut bukan perintah dari dirinya, tapi merupakan kebijakan panitia saja.

"Uang itu akan kita kembalikan ke orang tua jika ada kelebihan dalam pembuatan baju seragam, " timpal pria bertubuh besar ini.

Sang kepala sekolah ini juga menampik adanya keluhan dari sejumlah guru di SDN 1 Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang mengeluhkan ketidak transparanan dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah unggulan ini.

Padahal sebelumnya menurut salah satu guru yang enggan disebutkan namanya, mengaku kerap disuruh tanda tangan pencairan dana BOS namun dananya tidak direalisasikan oleh kepala sekolah.

“Itu tidak benar, saya selalu transparan dalam menggunakan BOS di sekolah. Apalagi berdasarkan audit Inspektorat SDN 1 Cicadas merupakan percontohan dalam pengelolaan dana BOS di wilayah Gunung Putri ini, " kilah Adam, Selasa (23/6/2015) kepada Sindonews.com.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2274 seconds (0.1#10.140)